Cara Menghormati Guru dalam Cara Pandang Agam Islam

Panduan menghormati guru dalam islam
Panduan menghormati guru dalam islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Guru merupakan orang tua kita disekolahan, sama seperti halnya orang tua yang mengingatkan, mengajari, memberikan perhatian terhadap kita dilingkungan kelas atau sekolah.

Sebagai seorang siswa sudah sepantasnya kita untuk selalu menghargai dan berbuat baik seperti orang tua kita sendiri. Guru yang telah memberikan dan mengajarkan ilmu ilmunya terhadap kita dengan tulus dan Ikhlas tanpa mengharapkan balas budi apapun.

Berikut adalah dalil yang berisikan perintah kita untuk menghormati guru dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 23:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Nah bagaimana sih cara kita menghormati guru menurut pandangan islam:

  1. Selalu mengucapkan salam kepada guru

Sering sekali kita jumpai guru kita dijalan, di toko, atau dipasar. Nah apa sih yang perlu kita lakukan saat bertemu guru? Tentunya mengucapkan salam dan menyapa guru tadi.

Tapi terkadang banyak sekali siswa yang malahan berpura pura tidak melihat gurunya saat diluar dikarenakan malu dan takut tidak dikenal balik oleh girunya. Perilaku yang seperti itu adalah tidak mencerminkan adab yang baik untuk guru.

  1. Mentaati guru
Baca Juga:  Tingkatkan Keimanan dengan Keistiqamahan

Taat kepada guru merupakan suatu kewajiban yang perlu kita lakukan. Walaupun guru bukan orang tua biologis kita, tetapi selama disekolah orang tua kita adalah guru kita. Secara otomatis, orang tua kandung kita juga udah memasrahkan kita terhadap guru di sekolah.

Maka dari itu kita sebagai murid sudah sepantasnya untuk mentaati apa yang guru kita perintahkan. Selama perintah itu baik, maka bis akita patuhi, jika perintah itu dirasa kita kurang bagus kita sebagai murid bisa membicarakanya secara baik baik bersama guru kita tadi sehingga jangan sampai ada keributan.

  1. Bersikap sopan santun

Guru merupakan sosok yang mendidik kita, yang mengajari kita pengetahuan umum. Banyak sekali jasa guru yang sudah kita dapatkan. Sudah sepantasnya kita jika berbicara kepada guru harus lemah lembut, sabar, dan sopan santun.

Tidak boleh kita berucap atau berkata kasar sedikitpun kepada guru. Karena ucapan juga dapat menyakiti persaan orang lain jika ucapan tadi menyinggug atau menyudutkan.

Guru sudah sepantasnya mendidik dan mengajarkan kita tentang ilmu disekolah. Bahkan car akita bersikap tentang hal yang baik dan buruk pun mereka juga mengajarknya. [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post