Healing Hati Menurut Islam Agar Hati Memjadi Tenang

Healing hati dalam islam
Gambar ilustrasi healing hati dalam islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap orang pasti menginginkan kediupan yang tenang dan damai, ketenangan dan kedamaian sangat didambakan banyak orang. Sebagaimana terdapat dalam Firman Allah SWT didalam Al-Qur`an bahwa ketenangan jiwa dapat kita temukan dengan mengingat Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

(QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 28)

Dari ayat diatas Allah telah memerintahkan kita untuk mengingat Allah, karena dengan mengingat Allah hati kita akan menjadi tenteram, dan merupakan kewajiban bagi setiap orang beriman untuk memperbanyak mengingat Allah.

Dan terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meraih ketenteraman hati, berikut beberapa healing hati atau jiwa untuk kita agar senantiasa dekat dan mengingat Allah SWT

  1. Memperbanyak membaca Al-Qur`an serta maknanya

Cara pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengan membaca Al-Qur`an dan juga memahami maknanya, karena dengan memahami maknanya maka kita akan lebih menegetahui kandungan Al-Qur`an. Dengan memperbanyak membaca Al-Qur`an hati kita akan menjadi tenang. Sebagaimana terdapat dalam Al-Qur`an Surah Al-Muzzammil ayat 4 yang berbunyi:

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰ نَ تَرْتِيْلًا

“atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

Baca Juga:  Siapa Yang Berhak Memberi Nama Anak? Ini Prinsip Pemberian Nama Menurut Islam

(QS. Al-Muzzammil 73: Ayat 4)

  1. Mendirikan shalat malam

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang mendirikan shalat malam, dengan shalat malam hati kita akan menjadi tenang, karena pada shalat malam kita dapat lebih mendekat kepada Allah. Dan Allah juga telah menyebutkan tentang shalat malam didalam Al-Qur`an

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَا فِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَا مًا مَّحْمُوْدًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 79)

Kita diperintahkan untuk melaksanakan shalat malam yang biasa kita sebut dengan shalat tahajud, dan Allah juga telah menyebutkan bahwa ibadah shalat malam harus kita jadikan sebagai suatu ibadah tambahan agar kita dapat dekat dengan Allah, dan shalat malam juga sebagai jalan agar Allah SWT mengangkat kita ke tempat yang terpuji.

  1. Berkumpul dengan orang sholeh

Umat muslim merupakan saudara bagi muslim yang lainnya, sehingga kita sebagai umat muslim harus senantiasa hidup rukun. Dengan hidup rukun kita dapat meraih ridha Allah bersama-sama , dengan saling merangkul kita juga akan menjadi lebih kuat. Untuk meraih ridha Allah kita dapat melakukan cara yaitu berkumpul dengan orang shaleh, karena dengan berkumpul dengan orang-orang hati kita akan tenang dan kita akan terbawa menjadi lebih baik karena kita dekat dengan orang-orang shaleh. Sebagaimana terdapat dalam sebuah hadits yang berbunyi

Baca Juga:  Cara Menghadapi Kesulitan atau Cobaan Hidup dalam Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Perumpamaan teman yang baik dan yang jahat adalah seperti orang yang membawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Yang membawa minyak wangi, boleh jadi dia memberimu, atau kamu membeli daripadanya, atau paling tidak kamu mendapatkan harum semerbak daripadanya. Adapun tukang pandai besi, boleh jadi bajumu terbakar karenanya, atau kamu mendapatkan bau busuk daripadanya.”(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dari hadits diatas kita dapat mengambil ibrah bahwa ketika kita banyak bergaul dengan orang-orang baik maka kita akan terbawa baik, dan sebaliknya apabila kita berkumpul dengan orang-orang yang tidak baik maka kita akan terbawa dan terjerumus dalam keburukan juga.

  1. Memperbanyak berpuasa

Healing hati selanjutnya yaitu dengan melaksanakan ibadah puasa, dengan berpuasa kita akan lebih tenang dan juga banyak mengingat Allah, karena ketika seseorang berpuasa kemungkinan untuk melakukan hal-hal buruk semakin sedikit, dengan berpuasa kita menjadi mawas diri serta menjaga perilaku, ucapan dan juga hati kita.

  1. Berdzikir pada malam hari

Berdzikir dengan banyak mengingat Allah agar hati kita senantiasa terpaut kepada Allah, dengan berdzikir pada malam hari hati kita akan menjadi jauh lebih tenang, sebagaimana terdapat dalam Firman Allah dalam Al-Qur`an yang berbunyi

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ

Baca Juga:  5 Healing Dalam Islam Buat Kamu yang Butuh Ketenangan

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

(QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 2)

Itulah beberapa healing hati atau yang kita kenal dengan istilah obat hati, semoga kita dapat memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT serta senantiasa menjalankan perintah-Nya agar kita tergolong hamab-hamba Allah yang beruntung. [] Puan Sukowati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post