Hal-Hal yang Membuat Seseorang Dapat Tercegah dari Rizki

Kebiasaan yang membuat tercegahnya rizki
Gambar ilustrasi kebiasaan yang membuat tercegahnya rizki (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dari sebuah hadist yang di kutib dari kitab ta’lim karangan Ibrahim Al-zarnuji dimana tercegahnya rizki adalah banyaknya atau seringnya seseorang melakukan dosa, dosa yang pertama yaitu:

1. Al-kazib atau berbohong

Dimana semakin banyak seseorang melakukan dosa bohong maka akan semakin terhambat pula rizkinya, dan yang lebih bahayanya lagi Al-Kazib mewariskan kefakiran, jadi apabila seseorang terus melakukan dosa ini maka dia akan diwarisi kefakian atau kemiskinan.

2. Tidur subuh

Tolong jangan di biasakan tidur setelah subuh karena akan menyebabkan tercegahnya rizki, selain itu, waktu pagi merupakan waktu yang sangat  baik untuk beraktifitas atau sering kita sebut waktu produktif, kita bisa gunakan waktu pagi khususnya setelah subuh untuk mengaji, menghafal, atau berolahraga.

3. Kebanyakan tidur

Selain tidur setelah subuh banyak tidur juga dapat menyebabkan tercegahnya rizki, seumpama malam tidur, pagi tidur, siang tidur, hidup kok hanya itu tidur, dan banyak  tidur tidak hanya menyebabkan tercegahnya rizki tetapi juga menyebabkan fakir ilmu yang menyebabkan kebodohan.

4. Tidur telanjang

Selain banyak tidur, ternyata tidur juga ada adapnya yaitu tidak boleh telanjang, apa bila seseorang tidur telanjang dapat menyebabkan terhambatnya rizki, para ulama menyampaikan kepada kita apabila kita tidur harus memkai pakaian yang sekiranya bisa menutup aurat kita.

5. Makan dalam keadaan masih junub

Baca Juga:  Cinta Lewat Cerita: Indahnya Relationship Goals antara Allah dengan Manusia

Seumpama setelah berhubungan dengan istri atau suami tetapi belum mandi jinabat sudah makan, minum, ataupun ngemil itu dapat menyebabkan kefakiran atau terhambatnya rizki, apabila memang sangat lapar dan sudah tidak kuat menahan lapar bisa melakukan wudhu terlebih dahulu.

6. Meremehkan makanan yang jatuh

Meremehkan makanan yang jatuh atau sengaja membuang makan dapat menyebaban tercegahnya rizki, jadi apabila kita makan dipastikan itu sudah sesuai porsi kita dan habis tidak tersisa supaya kita tidak membuang makanan sisa karena kita tidak habis.

Karena makanan juga perlu dihargai, dari mulai menghargai yang menanam, menghargai orang yang membeli, sampai menghargai orang yang telah memasak makanan tersebut.

7. Membakar kulit bawang

Membakar kulit bawang dapat menyebabkan fakir jadi kalau bisa sampah kulit bawang dapat dikubur dan bukan dibakan karena dapat menghambat rizki atau kefakiran.

Masih banyak lagi yang di sampaikan oleh syekh Ibrahim Al-zarnuji di kitab ta’lim tentang hal-hal yang menyebabkan kefakiran atau terhambatnya rizki, kamu bisa baca dan pelajari lebih lengkap di kitab ta’lim. [] Muhammad Ikhsanudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post