Menolong Orang Lain Ibarat Menolong Diri Sendiri

Memberikan pertolongan kepada orang lain
Gambar ilustrasi memberikan pertolongan kepada orang lain (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, perlu adanya interaksi antar sesama manusia dalam kehidupan yang dijalani.

Contoh kecil ketika kita mempunyai masalah dalam kehidupan kita, tentu kita perlu bantuan dari orang tua, keluarga atau teman dekat untuk membantu menyelesaikan masalah kita.

Dengan adanya bantuan dari orang tua, keluarga atau teman dekat tersebut tentunya beban yang ada dalam diri kita akan sedikit berkurang.

Dalam mengakplikasikan kehidupan yang terus berjalan, tolong menolong menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, tanpa adanya tolong menolong kehidupan akan terasa berat untuk dijalani. Sikap menolong orang lain perlu kita realisasikan dalam kehidupan kita, karena dengan menolong orang lain kita sama saja menolong diri kita sendiri.

Tolong menolong termasuk salah satu nilai yang terkandung dalam sila kedua yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab”, tentunya beradil dan beradab disini mengandung arti manusia yang mempunyai sifat yang adil dan mempunyai adab terhadap orang lain.

Bantulah orang lain selagi kita bisa membantunya meskipun itu perbuatan kecil, siapa tau dengan perbuatan kecil itu beban orang lain akan sedikit berkurang

Allah swt secara langsung memerintahkan hamba-Nya untuk melakukan tolong menolong karena tolong menolong merupakan simbol kebersamaan dan persatuan. seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits:

و الله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه

Baca Juga:  Adab Sebelum Ilmu: Mencari Keberkahan dalam Menuntut Ilmu!

Artinya:

” dan Allah membantu hamba-Nya selama hamba tersebut membantu saudaranya”

(HR Imam Tirmidzi)

Dalam hadits diatas dapat kita ketahui bahwasanya ketika kita menolong orang lain, maka Allah akan menolong kita.

Tolong menolong disini tentunya tolong menolong dalam hal kebaikan, bukan dalam hal kejahatan seperti kriminal, suap dan sebagainya.

Hal itu dijelaskan dalam surah Al maidah ayat 2 yang artinya “ saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketakwaan, dan jangan saling tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan”.

Maka dari itu yuk kita terapkan dan biasakan untuk menolong orang lain dalam rutinitas keseharian kita. [] Nayla Syarifa

Editor: Mohammad Rizal rdiansyah

Related Posts

Latest Post