Adab Makan Dan Minum Dalam Islam

Adab Makan dan Minum
Gambar Ilustrasi Adab Makan dan Minum (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya sehari – hari. Energi tersebut di dapatkan dari makanan yang dimakan serta istirahat yang cukup.

Dalam islam, terdapat beberapa adab atau aturan yang berlaku ketika makan ataupun minum. Seorang muslim wajib mengikuti adab makan dan minum tersebut, agar makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi berkah dan bernilai pahala.

Berikut ini adalah adab makan dan minum dalam Islam.

  1. Makan dan Minum dalam Keadaan Duduk dan Tidak Bersandar

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, Abu Sa’id Al – Khudri R.A menceritakan bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Bahwa Rasulullah SAW, melarang minum sambil berdiri.” (HR. Muslim no.2025).

Dari Abu Juhaibah R.A, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar” (HR. Bukhari no. 5398).

  1. Membaca Basmalah Sebelum Makan atau Minum

Dari Aisyah R.A, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Jika kalian hendak makan, maka bacalah basmalah. Jika lupa baca basmalah di awal makan maka hendaknya membaca ‘bismillahi awalahu wa akhirahu’.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan dishahihkan al-Albani).

  1. Menggunakan Tangan Kanan

Dari Ibnu Umar R.A, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Jika kalian makan maka makanlah dengan tangan kanan, dan apabila minum maka minumlah dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan menggunakan tangan kirinya.” (HR. MUslim no.2020).

  1. Tidak Meniup Makanan dan Minuman yang Panas
Baca Juga:  Adab Bertamu Dalam Islam yang Wajib Kamu Tahu

Dari Abu Qatadah R.A, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Ketika kalian minum janganlah bernafas di dalam gelas.” (HR. Bukhari no. 153 dan Muslim no. 267).

  1. Mengambil Makanan yang Terjatuh dan Tidak Membuangnya

Hal ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap nikmat makanan yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan mengambil serta membersihkan makanan tersebut dari kotoran – kotoran yang menempel jika masih memungkinkan.

Dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Jika ada makanan kalian jatuh, hendaklah dia mengambilnya dan mebersihkan kotoran yang melekat padanya, kemudia dimakan dan jangan ditinggalkan untuk setan.” (HR. Muslim no.2033).

  1. Menjilat Jemari Tangan Kanan Seusai Makan

Hal ini dilakukan karena kita sebagai manusia yang memakan makanan tidak tahu dibagian makanan manakah yang ada keberkahan didalamnya.

Dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Apabila selesai makan, hendaklah dia menjilati jari tangan kanannya. Karena dia tidak tahu, di makanan bagian manakah yang mengandung barokah.” (HR. Muslim no.2033).

  1. Membaca Do’a Setelah Makan

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya : “Siapa yang selesai makan membaca ‘alhamdulillahil ladzi ath’amani hadza…’ maka dosa – dosanya yang telah lewat akan diampuni.” (HR. Abu Daud no. 4043, Turmudzi no.3458 dan dihasankan al Albani). [] Aulia Cassanova

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post