Inilah Akhlak Mulia yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Akhlak Mulia Rasulullah SAW
Gambar Ilustrasi Akhlak Mulia Rasulullah SAW (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Rasulullah SAW merupakan Nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia melalui agama Islam rahmatan lil alamin.

Rasulullah SAW memiliki banyak sekali karakter dan sifat yang perlu diketahui. Oleh karena sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim mencontoh dan menjadikan Nabi terakhir itu sebagai suri tauladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa sifat Nabi Muhammad yang perlu kita contoh.

  1. Husnuzan (Berprasangka Baik)

Sebagai seorang muslim kita harus menjauhi sifat berburuk sangka kepada orang lain apalagi sesama muslim. Carilah fakta atau kebenarannya dulu sebelum mengeluarkan kata- kata yang ingin diiucapkan. Hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda: “Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta.” (H.R. Bukhari).

  1. Mengerjakan Amal Ma’ruf Nahi Munkar

Amar ma’ruf nahi mungkar merupakan perintah untuk menegakkan yang benar dan melarang yang salah. Hal ini dijelaskan pula oleh sahabat Rasull Abu Sa’îd al-Khudri Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya (kekuasaannya); jika ia tidak mampu, maka dengan lidahnya (menasihatinya); dan jika ia tidak mampu juga, maka dengan hatinya (merasa tidak senang dan tidak setuju), dan demikian itu adalah selemah-lemah iman.”

  1. Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain
Baca Juga:  Overthinking? Ganti Dengan tafakur, ini caranya!

Sebagai umat islam kita tidak diperbolehkan untuk mencampuri hal- hal yang tidak berhubungan dengan kita. Hal ini selaras dengan firman Allah SWT yang berbunyi: “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (Al-Ahzab: 58)

Itulah tiga sifat Rasulullah yang wajib kita teladani. Masih banyak sekali sifat- sifat baik yang dimiliki oleh Rasulullah SAW yang juga wajib kita ketahui dan mengamalkannya. [] Nikmatul Karimah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post