Bagaimana Cara Islam dalam menghadapi Masalah? Simak Beberapa Hal Berikut

Menghadapi masalah dalam islam
Gambar ilustrasi menghadapi masalah dalam islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Siapa disini yang tidak pernah mendapat masalah? Semua orang pastinya pernah mendapatkan yang namanya masalah.

Masalah merupakan sesuatu yang apabila tidak sesuai dengan espektasi atau harapan. Seorang manusia pastinya menginginkan agar hidupnya jauh dari yang namanya masalah. Akan tetapi, satu hal yang harus kalian tau, dengan adanya masalah, kita akan semakin berkembang.

Masalah itu merupakan suatu proses yang selalu akan menemani kita dalam menjalani hidup. Tanpa adanya masalah, hidup tidak akan menjadi berwarna.

Dari konteks kalimat tersebut, bukan bermaksud menantang masalah. Akan tetapi, masalah itulah yang akan mewarnai hidup kalian dengan caranya sendiri.

Islam pun juga menyoroti yang namanya masalah ini. islam mengajarkan untuk menghadapi masalah-masalah ini dengan baik. Masalah yang ada, pastinya sudah digariskan Allah kepada kita. Banyak orang yang merasa putus asa jika dilanda masalah.

Ingat satu hal lagi bahwa Allah pastinya tidak akan menimpakan suatu masalah atau ujian diluar kemampuan manusia. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menghadapi masalah menurut islam.

  1. Bersabar

Apabila kalian ditimpa suatu masalah, bersabarlah. Sabar merupakan sesuatu yang mudah untuk diucapkan. Akan tetapi, sangatlah sulit untuk dilakukan. Satu hal yang kalian harus pahami bahwa Allah memberikan masalah atau ujian itu pastinya ada khikmahnya.

Selain itu, hal tersebut merupakan ketentuan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Oleh karena itu, bersabarlah. Dengan bersabar, hati kalian akan menjadi tentram dengan segala ketentuan Allah.

  1. Berikhtiar
Baca Juga:  Orang yang Paling Kaya dari Dunia dan Seisinya

Ikhtiar merupakan usaha yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Ketika ada masalah, cobalah hadapi, selesaikan dengan baik. Jangan hanya berdiam diri.

Lakukanlah segala hal yang dapat membuat masalah tersebut hilang. Jika kalian hanya berdiam diri, masalah itulah yang akan menjadi bumerang kepada hidup kalian.

  1. Tawakkal

Selain sabar dan ikhtiar, tawakkal juga mempunyai peran yang penting dalam menghadapi masalah. Ketika dilanda masalah, cobalah untuk memasrahkannya kepada Allah AWT.

Kalian sudah berusaha dengan semaksimal mungkin. Apapun hasilnya nanti, pasrahkanlah segalanya kepada Allah. Disisi lain, Tawakkal juga merupakan salah satu Upaya batin kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Bisa jadi, Allah memberikan masalah itu kepada supaya kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu bertawakkallah.

  1. Yakin

Selain kita melakukan hal-hal diatas, kita juga harus yakin kepada Allah. Yakin disini dalam hal Allah pastinya tidak akan memberikan ujian atau masalah diluar kendali kita. Selain itu, kita harus yakin jika masalah ini merupakan salah satu ketentuan yang Allah berikan kepada kita.

Jangan suka menyalahkan ketentuan yang Allah telah gariskan. Yakinlah bahwa sesuatu yang Allah beri kepada kita akan selalu berujung manis. Ingat bahwa Allah merupakan sebaik-baik perencana.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan Ketika kita lakukan untuk menghadapi masalah yang ada dalam hidup kita. Selalu semangat. Allah selalu bersama kita. [] Mirzalul Umam

Baca Juga:  Meningkatkan Value Diri Menurut Islam

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post