Meningkatkan Emotional Quotient dalam Perspektif Islam

Kecerdasan Emosional
Gambar ilustrasi kecerdasan emosional (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Tahukah kamu istilah Emotional Quotient atau populer dengan istilah kecerdasan emosional? Dewasa ini kecerdasan emosional menjadi pembahasan yang menarik.

Bahkan dalam beberapa studi literatur menyebutkan bahwa, kecerdasan emosional ini memiliki peran penting dalam hidup manusia.

Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa diperoleh berkenaan dengan kecerdasan emosional. Berikut ini dibahas kiat meningkatkan kecerdasan emosional dalam perspektif Islam.

Secara umum, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengenali, memahami dan mengelola emosi. Diri sendiri dan orang lain.

Seseoranag yang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Tentunya memiliki management diri yang baik pula. Di dalam Al Qur’an ada banyak pelajaran dan hikmah yang bisa diambil.

Di antaranya berkaitan dengan kiat meningkatkan kecerdasan emosional. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan EQ dalam perspektif Islam, yaitu:

  1. Mulai belajar meningkatkan “kesadaran diri”

Bagaimana caranya? Di dalam QS. Al Isra: 15, Allah berfirman; “Dan ketahuilah, bahwa dirimu bertanggung jawab atas diri (nafs)mu.”

Mulai sekarang, belajarlah untuk mengelola dan memahami emosi kita sendiri. Melalui ayat ini, kita bisa belajar untuk senantiasa menajdi pribadi yang selalu introspeksi.

  1. Belajar mengelola emosi

Cara paling sederhana dimulai dari belajar untuk mengendalikan diri. Terhadap setiap perbuatan agar tidaka merugikan diri sendiri juga orang lain. Sebagaimana Allah juga berfirman dalam QS. Asy Syura: 43 yaitu;

Baca Juga:  Menumbuhkan Keyakinan Kepada Allah SWT Disaat Iman Melemah

“Dan barangsiapa bersabar dan memaafkan, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”

  1. Belajarlah untuk menjalin dan memabngun hubungan positif

Bagaimana cara membangun dan menjalin hubungan positif? Bisa kita amati dan renungi firman Allah SWT dalam QS. Al Baqarah: 177 yaitu:

“Berbuat baiklah kepada ibu bapakmu dan kepada karib-kerabatmu, dan kepada anak-anak yatim yang ada di dekatmu, dan kepada orang-orang miskin, dan kepada tetangga yang dekat, dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, dan orang yang di perjalanan (musafir), dan apa yang kamu berikan untuk memerdekakan hamba sahaya, dan janganlah kamu melupakan (kebaikan) Allah terhadapmu, karena Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Demikianlah cara yang bisa kita lakukan. Dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional menurut perspektif Islam. [] Khasiatun Amaliah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post