Kisah Inspiratif Imam Ghazali Saat Memberi Minum Seekor Lalat

Kisah Imam Ghazali Memberi Minum Lalat
Gambar ilustrasi kisah Imam Ghazali memberi minum lalat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Imam Besar Al Ghazali pernah membagikan kisah inspiratif tentang salah satu mimpinya, yang menyiratkan pelajaran berharga bagi umat Islam.

Dalam mimpinya, Imam Ghazali menceritakan amalan-amalan sholeh yang pernah dilakukan selama hidupnya sebagai bekal menghadap Allah SWT.

Kisah ini diceritakan ulang oleh Syekh Nawawi Al Bantani dalam Nashaihul ‘Ibad. Dikisahkan dalam mimpinya, Imam Ghazali mendapat pertanyaan tentang apa yang telah dilakukan Allah SWT untuknya. Ia dengan tulus menjawab bahwa Allah SWT akan menghadapkannya ke hadiratNya.

Kemudian, Imam Ghazali ditanya tentang amal apa yang telah memimpinnya menuju hadirat Allah SWT. Imam Ghazali pun menyebutkan berbagai amal kebaikan yang pernah diperbuatnya selama hidupnya.

Namun, Allah SWT tidak menerima semua amal tersebut. Kejutan datang ketika Imam Ghazali menyebutkan satu amal yang tampak sederhana, yaitu menolong seekor lalat.

Amalan sederhana ini adalah saat Imam Ghazali sedang sibuk menulis sebuah kitab. Tiba-tiba, seekor lalat hinggap di ujung pena yang digunakannya untuk menulis. Imam Ghazali menghentikan kegiatannya dan memberi kesempatan kepada lalat itu untuk minum dan menyerap isi tinta pena miliknya.

Allah SWT memberikan respons yang luar biasa atas belas kasih Imam Ghazali terhadap lalat tersebut. Allah berfirman, “Masuklah kalian semua ke dalam surga bersama hambaKu yang memiliki sifat belas kasih.”

Kisah ini menggambarkan pentingnya menyayangi makhluk lain, termasuk hewan, dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW juga mengajarkan tentang rahmat dan kasih sayang terhadap hewan.

Baca Juga:  Kisah Ir. Sholah Athiyah: Pengusaha yang Tidak Terkenal, Namun Pemakamannya dihadiri Setengah Juta Orang

Dalam hadis, beliau bersabda, “Orang-orang yang ada rasa Rahim akan dirahmati oleh Tuhan yang maha Rahman, sayangilah makhluk yang ada di muka bumi, niscaya engkau akan disayangi makhluk yang ada di langit.”

Kisah Imam Ghazali ini menjadi inspirasi bagi umat Muslim untuk menyayangi dan memperlakukan dengan baik makhluk hidup di sekitar mereka.

Semoga juga kita semua dapat mempersiapkan sebanyak mungkin amalan sholeh untuk bekal di akhirat, karena hanya Allah SWT yang tahu amalan mana yang akan membawa kita menuju surgaNya. [] Sahaki

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post