Dahsyatnya Salat Sunnah Sebelum Subuh

Salat Sunnah Sebelum Subuh
Gambar ilustrasi salat sunnah sebelum subuh (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Salat Subuh merupakan salah satu ibadah salat yang mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan dengan tepat waktu oleh sebagian umat Islam.

Padahal menurut bebera hadiat sebelum sholat subuh ada beberapa waktu sholat terbaik yang memiliki banyak keutamaan dan dapat membawa kebaikan bagi yang melaksanakannya. Salah satu salat yang memiliki keutamaan luar biasa adalah salat sunah fajar atau biasa diaebut dengan salat sunah qobliyah subuh.

Kita sebagai umat Islam diwajibkan melaksanakan salat wajib, dan juga dianjurkan untuk melaksanakan salat- salat sunnah sebagimana yang disebutkan dalam suatu hadist yang berbunyi:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim).

Salat sunah subuh sangatlah banyak mempunyai keutamaan apabila kita mengamalkan dengan baik. Berikut adalah dua keutaman salat sunah sebelum subuh:

  1. Mendapatkan Syafaat di Hari Akhir.

Diriwayatkan dalam suatu hadist dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang bunyinya :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat sholat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama  dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

Dari hadist tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang melakukan sholat sunnah subuh dan sholat subuh dengan tepat waktu serta istiqomah dalam menjalaninya maka di hari kiamat nanti akan mendapat syafaat dari Rasulullah sehingga ia terlindung dari segala bahaya di hari kiamat.

  1. Membuka Jalan Ke Surga dan Kebaikan di Akhirat.
Baca Juga:  Meningkatkan Keberkahan Rizki, Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Dhuha

Banyak sekali amalan- amalan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Setiap amalan yang telah dicontohkan oleh beliau tentunya menjadi jalan baik yang akan membawa diri menuju surga. Termasuk ibadah menjalankan sholat sunnah sebelum subuh ini.

Ibadah ini akan menjadi investasi dan juga tabungan amal kebaikan serta dapat menjadi pelindung diri agar terhindar dari berbagai penyakit hati. Selain itu ibadah ini juga akan menjadi berkah dan juga kebaikan di akhirat kelak. [] Nikmatul Karimah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post