4 Keutamaan Membaca Surah Al Insyirah Agar Segala Urusan Dipermudah

Keutamaan Membaca Surah Al Insirah
Keutamaan Membaca Surah Al Insirah (Instagram.com/@auniazulfa - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Surah Al Insyirah merupakan surah yang ke-94 di dalam Al Qur’an dan termasuk golongan  dari surah Makkiyah yang  diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Kota Makkah.

Surah ini memberikan petunjuk kepada umat manusia bahwasanya dibalik kesusahan pasti ada kemudahan. Setiap kesedihan pasti datang juga kebahagiaan.

Kandungan dalam surah ini memberikan kabar gembira kepada kaum muslim agar tetap optimis dalam menghadapi kesulitan dan kesusahan. Karena setiap masalah yang kita hadapi, selalu ada Allah di samping kita.

Meskipun surah ini tergolong dalam surah pendek, tapi faedah dan keutamaanya sangat luar biasa. Bagi siapapun yang istiqomah membaca surah Al-Insyirah dengan hati yang iklas pasti akan mendapatkan kemudahan dan ketenangan.

Berikut empat keutamaan membaca surah Al-Insyirah agar urusanmu di permudah oleh Allah SWT:

  1. Menghilangkan Segala Macam Kesusahan

Barang siapa yang sedang mengalami kesusahan dan kesulitan sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Insyirah karena akan mendatangakn kebahagian bagi siapapun yang membacanya. Sebagaimana keterangan dari Nabi Muhammad SAW.

Barang siapa istiqomah membaca surah Al-Insyirah setelah sholat fardhu, Allah menjamin akan memberikan kemudahan, baik urusan dunia maupun akhirat.

Ketika sedang dilanda kesusahan, bacalah Al-Insyirah dengan  niat meminta pertolongan dari Allah agar diberi kemudahan. Karena Allah akan mendatangkan kemudahan dari cara yang tak terduga dan di luar kendali manusia

  1. Dimudahkan Segala Urusan
Baca Juga:  Wajib Diketahui, Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

Salah satu faedah membaca surah Al-Insyirah yang ke dua adalah dimudahkan segala urusanya. Allah akan memberikan kemudahan dari segala macam jalan yang tidak terduga.

Istiqomah membaca surah Al-Insyirah setelah shalat fardhu bisa memudahkan segala urusan kita. Ketika banyak masalah atau sedang menghadapi masalah yang sangat berat, Allah pasti akan memberi kemudahan dengan wasilah membaca surah Al-Insyirah ayat 1-8.

  1. Didatangi Rezeki yang Tidak Disangka

Di dalam buku karya Syamsudin Noor yang berjudul Dahsyatnya Do’a Para Nabi memberikan keterangan bahwasanya Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya agar membaca surah Al-Insyirah agar dimudahkan rezekinya.

Faedah dari surah Al-Insyirah yaitu bisa mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka atau di luar dugaan  manusia.

Namun, tentunya perlu diusahakan terlebih dahulu dan semua atas ridho dari Allah SWT. Sebagai manusia tugas kita hanya berusaha dan berdo’a seoptimal mungkin. Urusan berhasil atau tidak itu adaah hak prirogratif dari Allah

  1. Menjadikan Hidup Lebih Baik

Membaca surah Al Insyirah secara rutin ketika habis shalat fardhu sebanyak 40 kali, ada sebagian ulama yang mengatakan bahwasanya  bisa dijadikan sebagai perantara untuk menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik.

Dengan kehidupan yang lebih baik, maka akan tercipta sebuah kebahagiaan, ketenangan dan rasa bahagia dalam menjalani hidup. Hal inilah yang kemudian bisa memberikan afirmasi positif bagi kita untuk terus hidup optimis dan terus maju.

Baca Juga:  Keutamaan Bersiwak Sebelum Sholat

Demikian, empat faedah membaca surah Al-Insyirah yang harus kalian tahu. Di balik kesulitan ada kemudahan, dibalik kesedihan ada kebahagiaan. Semoga ada manfaatnya, dan jangan lupa diamalkan. [] Ridwan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post