Keutamaan Dua Rakaat Sholat Qobliyah Shubuh

Sholat Qobliyah Subuh
Gambar ilustrasi Sholat Qobliyah Subuh (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai seorang muslim, mengerjakan ibadah salat lima waktu adalah kewajiban utama yang tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Ibadah salat juga menjadi satu di antara rukun Islam dan dianggap sebagai fondasi dalam agama Islam.

Selain mendirikan ibadah salat wajib lima waktu, umat muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah salat sunah. Dengan menjalankan salat sunah, kita akan mendapatkan tambahan pahala dari Allah Swt. Ada banyak salat sunah yang bisa dilakukan, satu di antaranya adalah salat sunat qobliyah subuh.

Salat qobliyah subuh memiliki keistimewaan tersendiri karena Rasulullah saw. juga selalu menjaga amalan sunah yang satu ini. Ada banyak keutamaan yang bisa didapat umat muslim. Hal tersebut tentu memberikan manfaat untuk kaum muslimin di dunia dan akhirat.

Berikut manfaat mendirikan salat qobliyah subuh yang bisa mendapatkan jaminan surga

Manfaat Mendirikan Salat Qobliyah Subuh

  1. Mengikuti Teladan Rasulullah

Keutamaan salat qobliyah subuh yang pertama adalah sebagai usaha kita mengikuti teladan dari diri seorang Rasulullah saw. Rasulullah memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan salat qobliyah subuh.”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara azannya muazin hingga salat subuh. Sebelum salat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Balasan Rumah di Surga

Keutamaan salat qobliyah subuh yang berikutnya adalah mendapat balasan berupa rumah di surga. Keutamaan ini dijelaskan dalam hadis yang disampaikan dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, istri Rasulullah saw., dia berkata:

Baca Juga:  Baca Al-Waqi'ah Selamat Dari Kemisikinan? Ini Dia Riwayatnya!

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seorang hamba yang muslim melakukan salat sunah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) 12 rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, ‘Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan salat-salat tersebut.” (HR. Muslim)

  1. Menutup Kekurangan Salat Wajib

Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah salat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada salat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan?

Jika salatnya sempurna maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika salatnya terdapat beberapa kekurangan maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan salat sunah? Jika ia memiliki salat sunah maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan salat sunah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud)

  1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan salat qobliyah subuh yang berikutnya adalah mendapatkan kebaikan yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan salat qobliyah subuh yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui umat muslim. Keutamaan salat qobliyah subuh ini juga tertuang dalam hadits dari ‘Aisyah, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

Baca Juga:  Mushofahah Usai Sholat, Bagaimanakah Hukumnya?

“Dua rakaat fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

Adapun niat sholat qobliyah subuh adalah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah subuh 2 rakaat karena Allah SWT.” [] Eri Marsa

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post