Sering Disepelekan, Berikut Beberapa Cara Mendidik Anak Sejak Dini dalam Islam

Mendidik Anak
Gambar ilustrasi mendidik anak sejak usia dini (Freepik.com - Almuhtada)

Almuhtada.org – Kehadiran seorang anak dalam rumah tangga merupakan sebuah karunia yang sangat besar. Seorang anak seringkali memberikan warna tersendiri dalam sebuah keluarga. Ada yang mengatakan bahwa anak merupakan titipan dari Allah yang harus dijaga.

Oleh itu, perlu adanya didikan yang sangat baik agar nantinya tidak terjerumus, menjadi anak yang berguna, dan mampu bermanfaat untuk semua.

Dalam mendidik seorang anak, Kehadiran orang tua sangatlah penting. Bisa dibilang bahwa orang tua akan menentukan seorang anak nanti jadi seperti apa.

Maka dari itu, perlu adanya peran orang tua yang lebih dalam memonitoring tumbuh kembang sang anak. Peran yang dapat diambil oleh orang tua dalam mendidik seorang anak bisa dilakukan seperti dibawah ini:

  1. Memberikan nama yang baik

Peran orang tua bisa dimulai dari memberikan nama yang baik. Dalam memberikan nama kepada anak tidak boleh asal. Nama itu istilahnya sebagai doa yang disematkan orang tua.

Jika orang tua memberikan nama yang kurang pantas, bisa jadi itu akan mempengaruhi perilaku sang anak kedepannya. Maka dari itu berilah nama yang baik kepada anak, nama yang sekiranya akan menjadi cerminan perilaku nantinya.

  1. Memperdengarkan Al-Quran

Kebiasaan ini sebenarnya bisa dilakukan semenjak sang anak masih berada dalam kandungan. Bayi yang ada dalam kandungan itu sebenarnya mampu mendengar apa yang ada di lingkungan luar. Maka dari itu, perlu adanya pembiasaan yang baik sedini mungkin.

Baca Juga:  Dahsyatnya Sedekah subuh : Solusi Terkabulnya Doa

Pembiasaan itu bisa dimulai dengan memperdengarkan Al-Quran. Orang tua yang rutin membaca Al-Quran akan membuat sang anak menjadi terbiasa dengan firman-firman Allah dan membuat sang anak dalam kandungan menjadi tenang. Bagi orang tua, sering-seringlah memperdengarkan Al-Quran kepada anak sedini mungkin. Barangkali nantinya sang anak bisa tumbuh menjadi seorang penghafal Al-Quran dengan kebiasaan tersebut.

  1. Memanamkan ajaran islam sejak dini

Menanamkan ajaran islam sejak dini pada anak sangatlah penting. Terlebih lagi di zaman yang serba instan dan mulai terkikisnya moral seperti sekarang ini. orang tua sebagai tempat belajar pertama seorang anak perlu menanamkan ajaran islam sejak dini.

Penanaman ajaran islam ini sangatlah berguna agar nantinya sang menjadi pribadi yang kuat dari segi imannya. Selain itu, juga tidak akan mudah goyah dalam menghadapi zaman seperti sekarang ini.

Beberapa contoh yang bisa orang tua berikan seperti mengenalkan bacaan-bacaan sholat, terbiasa mengucapkan salam, toleransi, doa-doa harian, dan lain sebagainya.

  1. Mengajarkan anak mengenai Adab

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak adalah mengajarkan mengenai adab yang baik. Adab bukan hanya untuk sesame, melainkan dengan seluruh elemen yang ada di dunia ini. contoh yang dapat diajarkan antara lain, adab kepada orang yang lebih tua, adab kepada orang yang lebih muda, adab kepada lingkungan, dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan teman-teman anak
Baca Juga:  Wajib Tau! Ini Manfaat Bersedekah dalam Islam

Teman dari sang anak merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Lingkungan akan banyak mempengaruhi seseorang dalam hidup. Selalu awasi pertemanan sang anak. Orang tua harus senantiasa mengajarkan anak untuk tidak sembarangan berteman. Pastikan bahwa lingkungan pertemanan si kecil memang baik / positif.

Itulah beberapa Peran yang dapat diambil oleh orang tua dalam mendidik seorang anak, agar nantinya tidak terjerumus, menjadi anak yang berguna, dan mampu bermanfaat untuk semua. Sebenarnya beberapa hal di aatas merupakan hal dasar yang perlu diketahui oleh calon ayah atau ibu. Masih banyak lagi hal yang kiranya bisa digali dari ke-5 poin diatas. Semoga bermanfaat. [] Mirzalul Umam

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post