Makna Kemerdekaan bagi Generasi Muda Indonesia

Oleh: Anur Wahyu Ningtyas

Pada tahun 2021, bangsa Indonesia akan memasuki 76 tahun kemerdekaan tepat pada tanggal 17 Agustus 2021. Merdeka dari para kolonial penjajah yang dilakukan oleh negara lain selama berabad-abad lamanya. Hari kemerdekaan tentu menjadi momen yang sangat bersejarah dan penting bagi suatu bangsa, termasuk juga bagi bangsa Indonesia. Kemerdekaan menjadi bukti nyata perjalanan panjang, pengorbanan, dan perjuangan keras dari para pahlawan dalam merebut kebebasan dari tangan penjajah.

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, bapak Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi menjadi simbolis yang melambangkan lahirnya bangsa Indonesia. Namun, proklamasi kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan bangsa Indonesia, melainkan sebagai tonggak awal dimulainya perjuangan bangsa. Karena setelah merdeka, tugas dan amanah yang diemban bangsa ini justru akan semakin berat. Mempertahankan dan mengembangkan hasil perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI tidaklah mudah, karena seiring perkembangan zaman akan semakin besar dan berat tantangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kemerdekaan yang bangsa Indonesia rasakan, medorong setiap rakyat Indonesia untuk turut serta dan aktif dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sikap mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI sebagai wujud nasionalisme terhadap tanah air dan rasa syukur serta terima kasih kita terhadap para pahlawan terdahulu yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekan bangsa Indonesia. Masih banyak hal yang perlu dilakukan agar negara Indonesia tetap berdiri kokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Proklamasi kemederkaan yang telah terwujud semestinya menjadi sarana yang mendorong rakyat Indonesia dalam mencapai kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan makna yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga:  ISLAM DAN TERORISME

Makna kemerdekaan bagi setiap individu tentu berbeda-beda. Ada yang mengartikan kemerdekaan bangsa Indonesia sebagai awal kebebasan negara dari belenggu penjajah. Karena dengan adanya kemerdekaan secara otomatis seluruh rakyat Indonesia terbebas dari penindasan oleh negara lain dan diakui oleh dunia sebagai negara yang merdeka. Kemerdekaan sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan adanya kemerdekaan seluruh rakyat dari Sabang sampai Merauke akan memiliki jiwa nasionalisme tinggi yang dapat mempersatukan bangsa dalam menyingkirkan perselisihan dan perbedaan demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemerdekaan juga dimaknai sebagai bukti kekuatan berdirinya bangsa Indonesia yang tentu menandakan bahwa perjuangan yang akan dilakukan akan semakin berat.

Perjuangan menjaga kemerdekaan saat ini tentu menjadi tugas untuk seluruh rakyat Indonesia terlebih bagi generasi muda. Generasi muda merupakan calon pemimpin dan penerus bagi bangsa di masa depan. Generasi muda tentu mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam mempertahankan keutuhan bangsa, serta membangun kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan agar terciptanya kehidupan yang sejahtera, adil, dan makmur di masa yang akan datang. Menghargai para pahlawan terdahulu menjadi suatu sarana yang dapat dilakukan generasi muda dalam memaknai kemerdekaan bangsa.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan generasi muda saat ini untuk tetap menjaga esensi dan makna kemerdekaan bangsa, diantaranya dengan penghargai perjuangan para pahlawan terdahulu dan saling menghormati antar sesama ras, suku, agama, dan budaya. Taat akan pertauran, bijak berteknologi, tidak melakukan tindakan kriminal, mengharumkan nama bangsa, serta masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh para generasi muda bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.

Baca Juga:  Aku Sudah "Normal"

Kemerdekaan Republik Indonesia harus tetap dipertahankan apapun dan bagaimanapun kondisinya. Seluruh rakyat Indonesia harus mengambil peran dan ikut andil dalam mempertahankan NKRI. Negara yang merdeka tidak hanya dibentuk oleh sekelompok golongan tertentu, akan tetapi seluruh bagian dari negara turut berperan dalam menjaga kemerdekaan. Sikap pantang menyerah, rela berkorban, rasa nasionalisme, saling bekerjasama, dan semangat perjuangan yang bergelora menjadi hikmah dan pelajaran yang sangat berharga yang dapat diambil dari perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Setiap individu tentu memiliki cara masing-masing dalam memaknai dan mengabdi untuk bangsa, namun apapun perbedaannya akan mencapai tujuan yang sama untuk kemakmuran bangsa Indonesia. Untuk seluruh rakyat Indonesia apapun suku, ras, agama, maupun budayanya mari untuk saling bahu membahu mempertahankan kemerdekaan NKRI, mari untuk saling bekerjasama melanjutkan perjuangan bangsa, mari untuk saling menghargai dalam kebhinekaan, dan mari untuk saling bersatu mewujudkan bangsa yang sejahtera. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-76, semoga menjadi negara yang kian maju dan sejahtera.

Penulis merupakan Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada dan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Related Posts

Latest Post