Selesai Melaksanakan Penelitian, Pesantren Riset Al-Muhtada Gelar Seminar Hasil Penelitian


7 Maret 2020, mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada melangsungkan seminar hasil penelitian. Seminar ini adalah kelanjutan dari seminar proposal yang diadakan pada tanggal 3 Januari 2020. Selain dihadiri oleh bapak Dani Muhtada, M.Ag., M.P.A., Ph.D. selaku pengasuh pesantren, seminar kali ini juga dihadiri oleh beberapa reviewer yang berpengalaman dalam bidang riset, yaitu Dr. Agus Wahyudin, M.Si., Dr. Ali Formen, M.Ed., Dr. Ahwan Fanani, M.Ag., M.S., dan Ayon Diniyanto, S.H., M.H.

Gaussian Kamil, school of creativity, Semarang menjadi tempat berlangsungnya seminar ini. Acara ini dimulai dengan makan bersama para santri dan reviewer. Sekitar jam 13:30 presentasi pertama dimulai dan berakhir sekitar jam 17:00 setelah 11 kelompok memaparkan hasil penelitian yang sudah dikerjakan sejak akhir tahun lalu. Ini adalah salah satu momen yang sangat berharga bagi para santri, karena selain mendapatkan pengalaman baru, banyak juga ilmu-ilmu yang didapat.

Terdapat banyak masukan-masukan yang didapat para santri setelah memaparkan hasil penelitian, di antaranya masukan dari bapak Ali Foreman, bahwa penelitian kualitatif itu menekankan pada penghayatan subjek dan to voice the voice of voices yang berarti harus bisa menyuarakan keresahan mereka-mereka yang belum bisa menyuarakannya.

Bapak Dani selaku pengasuh dan para reviewer mengaku bangga dan senang dengan pencapaian yang dihasilkan oleh mahasantri Al-Muhtada. Pasalnya mereka sudah dapat menyusun laporan dan memaparkan hasil penelitian seperti sidang skripsi meskipun masih semester 2 dan 4. Pak Dani berharap para santri tidak lantas merasa puas dengan pencapaian yang sudah didapat saat ini, hingga malas untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan terutama dalam bidang penelitian. Salah satu pesan beliau yang menumbuhkan semangat para santri adalah “Jangan pernah berhenti belajar!”. Inilah yang menjadi pegangan para santri untuk terus meningkatkan prestasinya.

Baca Juga:  Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada Publikasikan Karya Ilmiah Melalui Jurnal

Reportase : Andrea Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada

Related Posts

Latest Post