Kesunahan Setelah Shalat Idul Adha, Yuk Dicoba!

sunah setelah shalat Idul Adha
Gambar ilustrasi sunah setelah shalat Idul Adha (Unsplash.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Idul adha adalah moment hari raya yang di nanti nanti kan oleh umat muslim. Pada bulan ini umat muslim melakukan ibadah haji ke tanah suci bagi orang yang mampu.

Selain itu, pada hari ini juga umat muslim berbondong bondong untuk melaksanakan sholat id di masjid bersama dengan umat muslim lainnya.

Banyak sekali amalan yang bisa di lakukan pada hari raya idul adha ini, terutama sebelum dan sesudah solat id. Nah disini akan di jelaskan mengenai amalan amalan apa saja yang bisa di lakukan kita untuk menambah pahala di hari yang suci ini. Simak penjelasan berikut:

  1. Memperbanyak Takbir

Hari raya idul adha ini di sunnahkan bagi setiap muslim untuk membaca tahmid, takbir, dan tahlil. Bagi kalian tentunya tidak heran lagi jika mendengar takbir berkumandang dari mulai setelah magrib malam sebelum hari raya sampai pada sebelum sholat di mulai.

Kesunahan ini berlaku sampai dengan hari tasyrik berakhir yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Maka dari itu sering sering menyebut kalam Allah ini di hari raya idul adha.

  1. Makan setelah selesai shalat idul adha

Bagi kita di anjurkan untuk menunda makan sampai selesai shalat idul adha. Berbeda dengan pada saat idul fitri, di hari raya idul fitri kita di anjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat untuk melaksanakan shalat id. Sementara di hari raya idul adha ini kita di sunnahkan untuk makan usai melaksanakan shalat idul adha.

Baca Juga:  Sholat Kamu Belum Khusyu’? Ini Dia Tips Ikhtiar Meraih Ke-khusyu’an dalam Sholat

Sesuai dengan sunnah Nabi berikut: .“Diriwayatkan dari ‘Adullah Ibnu Buraidah dari ayahnya [yaitu Buraidah Ibnu al-Husaib] ia berkata: Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sampai salat lebih dahulu.” [HR. at-Tirmidzi].

  1. Melakukan Qurban

Setelah di laksanakannya shalat id bersama, umat muslim disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban. Kurban ini bisa dilaksakan selama masih dalam hari tasyrik bulan dzulhijah.

Sebuah hadis dari Imam Bukhori dan Imam Muslim mengatakan “Rasulullah beribadah kurban 2 ekor domba warna putih bersih dan bertanduk bagus. Aku melihat Rasul meletakkan kakinya ke atas sisi tanduk (kanan) hewan kurban itu sambil menyebut nama Allah dan bertakbir. Rasulullah menyembelih kedua hewan kurban itu dengan tangannya sendiri”.

Nah itu lah beberapa kesunahan yang bisa di lakukan setelah melaksanakan shalat idul Adha. Meskipun kita belum bisa melaksanakan Ibadah Qurban, alangkah baiknya kita tetap memeriahkan hari raya idul adha ini dengan terus mengumandangkan takbir dan mengisi masjid dengan melaksanakan sholat id bersama.

Semoga kita termasuk golongan yang dimampukan Allah untuk melakukan Qurban di krmudian hari. Aamiin. [] Nailatuz Zahro

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post