Mengapa Kita Wajib Menerapkan Sifat Akhlakul Karimah?

menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan
Gambar ilustrasi menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sobat santri yang dimuliakan oleh Allah swt. Ada salah satu ulama yang mengatakan bahwa zaman sekarang adalah zaman dimana kita membutuhkan kelembutan dan Akhlakul Karimah.

Berbicara mengenai Akhlakul Karimah. Apa itu akhlak? Akhlak berasal dari kata Akhholqu yang berarti tabiat, tingkah laku, dan kebiasaan.

Akhlak menurut istilah adalah sifat yang tertanam dalam diri seorang manusia tanpa adanya paksan. Nabi Muhammad saw. Diutus ke dunia ini untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak yang benar.

Rasulullah saw. Bersabda: “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang benar”. Lalu mengapa akhlak yang baik penting bagi kita?

Syekh Usaimin ra. Juga pernah menyebutkan dari ceramah beliau, kata beliau “Yang paling penting bagi seorang penuntut ilmu hendaklah ia betul-betul terdidik atas akhlak yang baik”.

Karena kata beliau apa? “Ilmu tanpa pendidikan akhlak yang baik tidak ada manfaatnya”. Maka kalau ternyata ilmu tidak menimbulkan tarbiyah akhlak yang baik, maka Allah akan mencabut keberkahan ilmunya.

Nabi Muhammad saw. Ketika mengabarkan di zaman yang penuh fitnah Nabi malah menekankan masalah akhlak. Ketika Nabi Muhammad saw. Mengabarkan akan munculnya fitnah-fitnah yang bergelombang ternyata Nabi malah menekankan hendaklah ia mendatangi manusia sebagaimana ia suka didatangi dengannya.

Maka setiap kita, perlu untuk berintropeksi diri memperbaiki diri bagaimana akhlak kita, jangan sampai kita berkata “Saya akhlaknya sudah baik” karena kita terkadang hanya sebatas melihat menurut diri kita. Padahal kalau kita ingin  mengetahui bagaimana akhlak kita?

Baca Juga:  Kiat Meningkatkan Kualitas Semangat Beribadah

Tanyalah pada teman kita, tanyalah tetengga kita, bagaimana akhlak kita?. Nabi Muhammad saw bersabda: “Apabila satu kaum memuji seseorang dengan kebaikan maka dia berada diatas kebaikan. Dan sebaliknya apabila satu kaum memuji seseorang dengan keburukan maka dia berada diatas keburukan”.

Oleh karena itu, marilah sobat santri kita berintropeksi diri, kita memperbaiki diri. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan kesalahan kita Aamiin.

Jangan lupa minum air putih, semangat menjadi Mahasantri yang keren tetapi menanamkan sifat Akhlakul Karimah. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post