Iman Turun? Cobalah Kuatkan Iman dengan Tips-Tips Berikut Ini

Cara Menguatkan Iman
Gambar Ilustrasi Cara Menguatkan Iman (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Iman merupakan percaya ataupun yakin yang sifatnya tulus dan kuat terhadap ajaran-ajaran agama islam.

Iman mencakup beberapa rukun yaitu iman kepada Allah SWT, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Rasul Allah, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada’ dan qadarNya.

Dalam kehidupan tentu sebagai umat muslim pasti akan merasakan kualitas penurunan iman. Terdapat banyak tantangan ataupun godaan yang mempengaruhi iman.

Maka dari itu perlunya menguatkan iman agar kokoh kembali. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu menguatkan iman:

1. Mempelajari Al-Quran dan mengamalkan Sunnah Rasulullah:

Luangkanlah waktu untuk membaca, mempelajari, dan merenungkan ayat-ayat Al-Quran. Karena al-Quran menjadi sumber utama yang mengandung petunjuk yang diberikan langsung oleh Allah SWT.

Selain itu dengan mengamalkan sunnah Rasulullah beserta hadist yang ada, akan membantu menguatkan iman.

2. Menjalankan ibadah dengan konsisten dan memperluas pengetahuan agama:

Dengan memperbanyak ibadah seperti shalat, puasa, membaca Al-Quran, dan bersedekah dapat meningkatkan dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Untuk meningkatkan pengetahuan dapat membaca buku-buku agama, menghadiri ceramah, ataupun kajian islam.

Hal itu dapat memberikan kesempatan untuk belajar dari ulama dan berinteraksi dengan saudara sesama muslim untuk belajar pengetahuan tentang Islam.

3. Mencari teman seiman dan selalu muhasabah diri:

Pertemanan dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap naik turunnya iman. Maka dari itu pilihlah dan bergaul dengan teman seiman yang membawa ke jalan yang benar.

Baca Juga:  Benarkah Baju yang Digantung Jadi Sarang Jin?

Selain itu sebagai umat muslim setidaknya dapat meluangkan waktu untuk merenungkan diri, mengevaluasi perbuatan dan tindakan, serta mengoreksi kelemahan-kelemahan pada diri sendiri. Dengan hal itu, tentunya dapat menjadi pedoman dalam memperbaiki diri.

4. Senantiasa berdoa dan dzikir:

Sebagai umat muslim hendaknya selalu berkomunikasi dengan Allah melalui doa dan dzikir. Dengan memperbanyak hal tersebut akan membuat untuk selalu berusaha berhati-hati dalam melakukan dosa ataupun godaan.

Itulah tips tips yang dapat dilakukan untuk memperkuat iman. Dengan memperkuat iman dapat menjadi hamba yang taat dan dekat dengan Allah SWT.

Selain itu hidup menjadi lebih terarah dan tertata, serta mendapatkan kedamaian dalam kehidupan. [] Neha Puspita

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post