Kamu Perlu Memperbaiki Shalatmu! Inilah 5 Keutamaan untuk Orang yang Shalat dengan Benar

Keutamaan Shalat dengan Benar
Gambar Ilustrasi Keutamaan Shalat dengan Benar (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Shalat merupakan tiang agama, bahkan disebutkan bahwa shalat adalah ibadah pertama yang akan dihisab di akhirat kelak.

Tak hanya itu, apabila seseorang ingin memperbaiki hidupnya maka ia bisa memulai dengan memperbaiki shalatnya.

Sebagai salah satu ibadah yang utama, shalat juga memiliki banyak keutamaan. Bahkan Allah SWT memberikan 5 keutamaan untuk orang yang berusaha memperbaiki shalatnya.

Yuk simak penjelasan berikut.

  1. Orang yang shalatnya benar akan dijamin Allah menjadi orang yang baik.

Sebagaimana dalam QS. Al-Ankabut ayat 45 yang artinya “Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar”.

Orang yang melaksanakan shalat memang belum pasti dia merupakan orang yang baik. Namun, melaksanakan shalat dapat menjadikan seseorang menjadi lebih baik.

Untuk itu, laksanakanlah shalat dan teruslah perbaiki kualitas shalat kita. Maka secara tidak langsung kita juga sedang memperbaiki kualitas hidup kita.

  1. Orang yang shalatnya benar, hatinya cenderung tenang.

Sebagaimana dalam QS. Ta-Ha ayat 14 yang artinya “. . . dan laksanakanlah shalat untuk mengingat aku”. Kemudian dalam QS. Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya “… Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”.

Berdasarkan dua potongan ayat di atas, jelas bahwa shalat menjadi sarana bagi seorang hamba untuk mengingat Allah SWT.

Dan barangsiapa yan mengingat Allah maka hatinya akan menjadi tenteram. Untuk itu, seseorang yang melakukan shalat dengan baik maka akan mendatangkan ketenangan hati.

  1. Orang yang shalatnya benar, maka Allah akan jamin kemudahan hidupnya hingga rizqinya.
Baca Juga:  Hukum Melaksanakan Sholat Jumat Bagi Perempuan Menurut Berbagai Mazhab

Allah SWT berfirman dalam QS. At-Talaq ayat 2-3 yang artinya “. . . Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki  dari arah yang tidak disangka-sangkanya. . . .”.

Keutamaan lain bagi orang yang berusaha untuk memperbaiki shalatnya ialah memperoleh kemudahan dalam hidupnya.

Selain itu Allah juga akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka kepada hamba-Nya yang melaksanakan shalat dengan benar.

Sebab rezeki bukan semata dari usaha kita sebagai manusia, melainkan juga pemberian dari Sang Maha Kuasa, maka sudah sepatutnya kita beribadah dengan sungguh-sungguh kepada-Nya.

  1. Orang yang shalatnya benar, maka setiap doa yang ia mohonkan akan disegerakan oleh Allah SWT

Seseorang yang senantiasa berusaha untuk memperbaiki shalatnya maka apabila ia berdoa maka Allah akan menyegerakan permintaan. Salah satu sebab terkabulnya sebuah doa ialah beribadah (shalat) dengan benar kepada Allah SWT.

Apabila kita saja beribadah asal-asalan atau menyepelekan dalam hal ibadah kepada Allah, maka wajar saja jika Allah menyepelekan atau tidak menyegerakan permohonan kita.

Namun, jika kita bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah, maka Allah oun nuga akan memberikan hal yang sama atau bahkan lebih baik dari apa yang hamba-hamba-Nya lakukan.

  1. Orang yang shalatnya benar, maka dijamin oleh Allah SWT hidupnya akan selalu bersanding dengan kesuksesan dan kebahagiaan.

Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-mu’minun ayat 1-2 yang artinya “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya”.

Baca Juga:  Ustadz Adi Hidayat: Sholat Sunnah yang Pahalanya Besar

Dalam ayat tersebut jelas bahwa orang-orang yang beriman dan melaksanakan shalat dengan khusyuk merupakan orang yang beruntung.

Orang-orang yang beruntung maka hidupnya akan dekat dengan kesuksesan serta kebahagiaan. Untuk itu, mari kita upayakan untuk senantiasa memperbaiki kualitas shalat kita. [] Khikmatul Laili

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post