4 Minuman Kegemaran Rasulullah, Apa saja?

Minuman yang Menjadi Kegemaran Rasulullah
Gambar Ilustrasi Minuman yang Menjadi Kegemaran Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Nabi Muhammad SAW merupakan sosok pedoman bagi umat Muslim. Bukan hanya ibadah dan perilakunya saja yang menjadi contoh baik untuk umat Muslim, tetapi juga pola makan sehatnya. Rasulullah SAW selalu memilih jenis makanan dan minuman yang sehat, baik juga tentunya halal.

Tidak hanya makanan, Nabi Muhammad SAW juga memiliki minuman favorit lho, kira-kira minuman favorit Rasulullah apa saja ya? Dari beberapa ayat Al-Qur’an dan hadis kiranya ada 4 minuman yang beliau gemari, diantaranya yaitu

  1. Air Nabeez

Ketika berpuasa Rasulullah SAW gemar sekali meminum Air Nabeez, kirra-kira Air Nabeez itu apa sih?  Air Nabeez ialah miuman sunnah kegemaran Rasulullah, yang mana air tersebut adalah beerupa air rendaman kurma atau kismis/raisin. Air rendaman kurma/kismis ini merupakan air tonik alkalin yang mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu;

  • Sebagai minuman metabolism
  • Menghapus kadar keasaman pada lambung
  • Membersihkan sisa metabolisme dari tubuh
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
  • Menambah daya ingat
  • Memperbaiki masalah limpa, hati bagi pasien yang memiliki masalah arthristis dan asam urat.
  1. Susu Kambing

Nabi Muhammad SAW sangat menyukai susu, diantara susu dari hewan ternak yang ada Rasulullah SAW paling suka dengan susu kambing. Pernah diceritakan oleh para sahabat bahwasanya tatkala perjalanan hijrah ke Madinah, tepatnya di Gua Tsur, Nabi Muhammad dan Abu Bakar tengah menikmati susu kambing.

Baca Juga:  Menundukkan Pandangan dalam Islam

Ketika tiba di kota Madinah, Rasululluah merasa lapar kemudian oleh penduduk Madinah Rasulullah dihidangkan daging unta, namun Rasulullah tidak memakan daging tersebut dan malah memilih meminum susu kambing dengan memerahnya sendiri pada seekor kambing yang ada di sana.

Ummu Ma’bad mengatakan kepada Rasulullah bahwasanya kambing tersebut sudah tidak bisa menghasilkan susu. Qadarullah, tatkala Rasulullah SAW membaca Bismillah kambing tersebut pun bisa menghasilkan susu segar Kembali.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya,” (QS. An Nahl :66).

  1. Air Putih

Air Putih adalah minuman yang paling sehat. Ada banyak sekali khasiat yang diberikan di air putih, seperti mengdidrasi tubuh, meningkatkan focus pada seseorang, serta melancarkan pencernaan.

Nabi Muhammad SAW juga sangat menyukai air putuh, hal tersebut pernah disampaikan oleh Aisyah istri Rasulullah SAW. Aisyah mengatakan minuman paling digemari Rasulullah SAW adalah air tawar yang jernih. Perkataan Aisyah itu bersumber dari hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Dia berkata,: “Nabi paling senang meminum al-hulwu al-barid (air tawar yang jernih). Seperti air dari sumber mata air dan air sumur jernih yang rasanya manis-tawar,”.

  1. Minuman yang Manis Dingin
Baca Juga:  Habib Hayqal Alaydrus: Makanan dan Minumannya Rasulullah SAW

Aisyah istri Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwasanya minuman dengan rasa manis dan dingin yang sangat menyegarkan sangatlah disukai Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah Saw menyukai minuman yang memiliki rasa manis dan dingin, sebagaimana disebutkan dalam riwayat Tirmidzi. Penjelasan dari Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah mengindikasikan bahwa minuman dengan karakteristik seperti itu dapat memberikan manfaat kesehatan karena kesegarannya dapat memberikan sensasi “fresh” pada tubuh.

Dengan demikian, maksudnya adalah minuman dingin yang dicampur dengan bahan yang dapat memberikan rasa manis, seperti madu, kismis, kurma, atau gula. Jenis minuman ini dianggap lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. [] Eri Marsa

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post