Inilah Salah Satu Ibadah yang Pahalanya Berlimpah

Menuntut Ilmu, Ibadah dengan Pahala Berlimpah
Menuntut Ilmu, Ibadah dengan Pahala Berlimpah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Ibadah merupakan upaya bagi seorang hamba sebagai bentuk kepatuhan terhadap Tuhannya untuk mencari ridha dari Nya.

Ibadah sunnah merupakan ibadah yang tidak diwajibkan namun tetap mendapat pahala apabila seorang hamba mengerjakannya. Dalam suatu hadist, Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku berarti ia mencintaiku, siapa saja yang mencintaiku , ia akan bersamaku di syurga” (HR. Imam At Thabarani).

Adapun  ibadah sunnah yang sangat melimpah pahalanya adalah membaca Al Qur’an. Dalam membaca Al Qur’an, untuk  satu huruf nya terdapat 10 pahala kebaikan di dalam ganjarannya. Jadi ketika membaca alif laam miim, maka terdapat tiga huruf yang dibaca dan pahalanya adalah tiga kali sepuluh sehingga menjadi 30 pahala  kebaikan.

Sebagai seorang hamba yang tak luput dari berbuat kesalahan, sering melangkah pada kemunkaran, dengan membaca Al Qur’an diharapkan semoga dapat melebur dosa dosa dari kesalahan yang telah kita perbuat.  Allah SWT juga  telah berfirman bahwasannya orang yang membaca Al Qur’an adalah orang yang  tidak akan merugi.

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (٢٩) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (٣٠)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur” (Alquran surat Fatir ayat 29-30).

Baca Juga:  Beberapa Perilaku atau Sifat yang Dapat Mengakibatkan Pahala Kita Dihapus!

Rasulullah juga bersabda bahwasanya belajar atau menuntut ilmu yang utama, adalah belajar atau menuntut ilmu Al Qur’an

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Yang artinya, “Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sebaik-baik kalian ialah yg mencari (mempelajari) ilmu Alquran & mengajarkannya.” (HR At-Tirmidzi).

Dari hadist hadist tersebut sudah sangat jelas, bahwasanya  kita sebagai umat muslim sudah sepatutnya untuk belajar Al-Quran dan mengamalkannya.  Jika hari ini kita masih belum bisa mengamalkannya minimal kita memiliki waktu untuk membacanya. [] Rosi Daruniah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post