Simak! 6 Hobi yang Dilarang Bagi Umat Islam

Hobi terlarang untk umat islam
Gambar ilustrasi hobi terlarang untk umat islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hobi merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mengisi waktu luang. Pada dasarnya Hobi seharusnya menjadikan kebermanfaatan, tetapi ada beberapa hobi yang dilarang bagi umat islam. Simak berikut penjelasanya.

  1. Memanjang Kuku

Memanjangkan kuku saat ini merupakan tren yang populer di kalangan anak muda. Mereka menyukai kuku yang panjang. Padahal saat kuku panjang itu memiliki kemudaratan yaitu apabila digunakan untuk menggaruk kulit dapat menyebabkan kulit lecet. Nah hal ini yang menjadikan hobi yang jangan dihindari bagi umat islam.

  1. Operasi Plastik

Melakukan operasi plastik dengan tujuan untuk mempercantik diri itu tidak diperbolehkan. Hal ini karena operasi plastik sama dengan mengubah ciptaan Allah. Selain itu terdapat alasan lain yaitu apabila melakukan operasi plastik menjadikan seorang manusi memiliki sifat kesombongan karena menuruti standar kecantikan dunia.

  1. Mencela Makanan

Sebagai seorang muslim hendaknya kita selalu bersyukur atas nikmat rezeki makan yang diberikan Allah bukan malah mencela di depan makanan yang ada di depan mata kita. Saat seorang muslim tidak bersyukur terhadap apa rezeki yang sudah diberikannya dapat dianggap sebagai perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran islam.

  1. Mempercayai Ramalan Bintang atau Zodiak

Apabila seorang muslim yang membaca ramalan bintang kemudian mempercayainya termasuk tergolong ke dalam perbuatan syirik yang dilaknat oleh Allah.

Karena sebagai seorang muslim kita percaya takdir Allah lah yang terbaik dan kita tidak dapat menduga sebuah takdir yang akan terjadi kedepanya. Yang bisa dilakukan seorang muslim adalah selalu berdoa agar takdir kedepannya selalu baik di hidupnya.

  1. Bertato
Baca Juga:  Benarkah Baju yang Digantung Jadi Sarang Jin?

Trend saat ini tato merupakan hobi bagi kalangan pria maupun wanita. Dalam agama islam tato sangat dilarang karena memodifikasi tubuh serta menghancurkan bentuk tubuh dan kesuciannya.

Di dalam Islam sudah dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya. Oleh karena itu, tugas seorang manusia hanya menjaga tanpa memodifikasi bentuk tubuh yang sudah sempurna ini.

  1. Tidur Tengkurap

Tidur merupakan salah satu aspek penting dalan kehidupan sehari-hari. Dengan tidur, tubuh dapat beristirahat dengan tenang. Nah, tidur ini sebagai sebagai ibadah sunnah bagi umat islam. Akan tetapi, dengan tidur tengkurap merupakan hal yang salah dan lebih baik tidak dilakukan bagi seorang muslim.

Hal ini dikarenakan terdapat etika tidur sesuai ajaran islam yaitu menghadap sisi kanan. Tidur yang menghadap sisi kanan memiliki kebermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan penjelasan diatas, alangkah baiknya sebagai seorang muslim untuk menghindari hal diatas dan tidak melakukannya, sehingga nantinya kita dihindarkan dari hal negatif yang Allah tidak sukai. [] Laila Amalia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post