Keutamaan yang Akan Diraih Jika Berhasil Khatamkan Baca Al-Qur’an

Keutamaan dari Mengkhatamkan Al-Qur'an
Keutamaan dari Mengkhatamkan Al-Qur'an (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa membaca Al-Qur’an dan mampu untuk mengkhatamkannya.

Perlu kita ingat, bahwa mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan memanglah suatu hal yang sangat luar biasa keutamaannya. Namun, itu bukan berarti pada bulan-bulan lainnya kita lalai dan malah tidak membaca Al-Qur’an.

Ketika seseorang mengkhatamkan Al-Qur’an maka dia baru saja menjalankan satu kewajiban diantara sekian kewajiban lainnya sebagai konsekuensi Imannya kepada Al-Qur’an. Seperti yang kita tahu bahwa dalam Rukun Iman itu ada enam, dan diantaranya ialah beriman kepada kitab-kitab Allah.

Dan diantara kitab-kitab Allah salah satunya ialah Al-Qur’an. Lalu bagaimana cara membuktikan keimanannya? Yang pertama membacanya, yang kedua menghafalkannya, yang ketiga memahaminya, yang keempat mengamalkan isinya, dan yang kelima mendakwahkan atau mengajak orang untuk mengikuti ajaran Al-Qur’an. Nah dengan membaca itulah salah satu cara untuk membuktikan keimanan kita terhadap Al-Qur’an.

Berikut keutamaan bagi orang-orang yang senantiasa mengkhatamkan Al-Qur’an, diantaranya:

  1. Dapat Rahmat dari Allah SWT.

Yang pertama orang yang selalu mengkhatamkan Al-Qur’an akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. yang akan menghadirkan rasa ketentraman didalam hatinya. Kemudian Allah SWT akan minta kepada para malaikat untuk memohonkan ampunan kepada orang yang selalu mengkhatamkan Al-Qur’an.

Dan tak lupa juga dia akan dipuji serta diangkat derajatnya di sisi Allah SWT. Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur’an maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya”. (H.R Ad-Dailami)

  1. Mengerjakan Amalan yang Paling dicintai Allah SWT.
Baca Juga:  Tidurnya Orang Puasa, Apa Hukumnya?

Yang kedua orang yang selalu mengkhatamkan Al-Qur’an maka ia telah mengerjakan suatu amalan dimana amalan tersebut ialah yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Sehingga dinukilkan di dalam hadits, seorang sahabat bertanya : “Ya Rasulullah, apakah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT?” Lalu Rasulullah SAW. menjawab “Al-hal wal murtahal”. Lalu ditanya “apakah Al-hal wal murtahal ya Rasulullah?”. Lalu Rasulullah menjawab “orang yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga ke akhir hingga dia selesai bacaannya”.

  1. Mendapatkan Syafa’at di Akhirat

Yang ketiga orang yang selalu mengkhatamkan Al-Qur’an akan mendapatkan syafa’at dari Al-Qur’an. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda “Bacalah Al-Qur’an, karena Al-Qur’an akan menjadi syafa’at kepada ahlinya di akhirat kelak”. Lalu siapakah maksud dari ahlinya? Yakni ialah orang yang membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya.

  1. Mendapatkan Do’a Mustajab

Do’a ketika kita telah selesai mengkhatamkan Al-Qur’an maka nicaya akan menjadi do’a yang mustajab. Mengapa demikian?

Dalam sebuah hadits Baihaqi disebutkan “Jikalau engkau khatam satu kali Qur’an maka mendapatkan satu do’anya mustajab”. Selain itu, Rasulullah SAW. pernah berkata “barang siapa yang khatam Al-Qur’an lalu dia berdo’a maka akan ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan do’anya”

Dari beberapa keutamaan diatas, sudah seharusnya sebagai seorang muslim mulai dari detik ini kita bersemangat untuk selalu membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya. Jangan sampai kita melewatkan keutamaan-keutamaan yang begitu luar biasa, dan tentunya kita juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. [] Aisyatul Latifah

Baca Juga:  MasyaAllah! Inilah 10 Fakta Ilmiah dalam Al-Qur’an yang Sangat Mengejutkan Para Ilmuwan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post