Keistimewaan Salat Witir yang Harus Kamu Ketahui, Simak Ulasan Berikut!

Keistimewaan Salat Sunnah Witir
Gambar Ilustrasi Keistimewaan Salat Sunnah Witir (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtda.org – Salat witir termasuk salat sunnah muakad, tahukah apa artinya?

Ialah salat sunnah yang sangat dianjurkan apabila kamu mengerjakannya. Salat witir dilakukan pada malam hari, yaitu antara selesai salat isya dan sebelum salat subuh.

Banyak dari kita yang mungkin sudah tahu tentang salat witir ini. Baik dari niat, jumlah rakaat, maupun bacaannya.

Namun, tidak banyak juga yang secara konsisten dan ikhlas mengamalkannya. Kenapa demikian?

Meskipun, salat witir termasuk salat sunnah. Namun, salat witir ini memiliki keistimewaan yang tidak boleh disepelekan, loh? Sebagai manusia yang tidak luput dari salah dan dosa.

Mulai konsisten mengamalkan salat witir bisa menjadi amalan yang kita pegang. Sebab, kita tidak pernah tau, lewat amalan apa yang dapat menjadi kebaikan bagi kita.

Maka, mari mulai konsisten melaksanakan salat witir. Salah satu cara yang bisa memicu semangat kita dalam mengamalkannya.

Ialah dengan mengetahui keistimewaan apa yang tersimpan. Sehingga, secara tidak langsung pun kita memiliki dorongan untuk memulai (action).

Adapun keistimewaan salat witir yang harus kamu ketahui sebagai berikut.

Dalam buku, “Berkata Baik atau Diam”, bab 2 tentang salat witir. Disebutkan bahwa, “Rasulullah memerintahkan kepadaku agar melaksanakan salat witir sebelum tidur.” (HR. Attirmidzi).

Selain itu, dikutip dari buku Berkata Baik atau Diam karya Ninik Handrini (2015). Bahwa, “Siapa di antara kalian yang khawatir tidak bangun di akhir malam, hendaknya dia witir di awal malam, lalu dia tidur. Dan siapa di antara kalian yang yakin bisa bangun di akhir malam, maka hendaknya dia ber witir diakhir malam. Sebab, bacaan diakhir malam dihadiri malaikat dan lebih utama.” (HR. Muslim, At tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Baca Juga:  Keutamaan yang Akan Diraih Jika Berhasil Khatamkan Baca Al-Qur’an

Sementara itu, keistimewaan lainnya dari salat witir yaitu: Salat witir adalah salat yang paling disukai Allah SWT. Sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim bahwa; “Salat yang paling disukai Allah SWT di malam hari adalah salat witir.”

Salat witir dapat mengabulkan doa-doa. Seringnya dari kita mungkin sudah tidak asing dengan salat tahajud sebagai pengabul doa. Padahal salat witir juga memiliki keistimewaan yang luar biasa, asal kita istiqomah.

Salat witir dapat mencegah dari siksa api neraka. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah;

“Barangsiapa yang mengerjakan salat witir, maka ia akan terhindar dari api neraka.”

Meskipun demikian, kita tidak boleh lupa, bahwa; Segala bentuk ibadah dan amalan apa pun yang kita lakukan.

Niatkanlah untuk mencari ridha dan ampunan dari-Nya. Tanpa itu apalah arti dari ibadah jika Dia Allah SWT saja tidak meridhainya.

Jangan sampai niat dan tujuan kita berbelok untuk mencari banyak materi. Namun lupa pada Ilahi (Allah SWT). [] Khasiatun Amaliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post