Jangan Menyerah, Allah Selalu Bersama Kita

Allah ada bersama bersama kita
Gambar ilustrasi Allah ada bersama bersama kita (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Kehidupan seringkali penuh dengan tantangan dan cobaan. Ketika kita menghadapi kesulitan, terkadang kita merasa sendirian dan kehilangan harapan.

Namun, dalam momen-momen seperti itu, sangat penting untuk ingat bahwa kita tidak pernah sendirian. Allah selalu bersama kita, memberikan dukungan dan petunjuk dalam setiap langkah perjalanan kita.

Allah adalah Sumber Kekuatan

Ketika kita menghadapi kesulitan, kita seringkali mencari dukungan dari teman, keluarga, atau mungkin terapi. Namun, yang terpenting adalah mencari dukungan dari Allah. Dalam Al-Quran, Allah berjanji untuk selalu bersama orang-orang yang beriman.

Allah berfirman dalam Al Quran

innallāha ma’aṣ-ṣābirīn

“Allah bersama orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah:153) dan

Wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-jụ’i wa naqṣim minal-amwāli wal-anfusi waṡ-ṡamarāt, wa basysyiriṣ-ṣābirīn

“Dan Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah:155) mengingatkan kita bahwa ketika kita bersabar dalam menghadapi cobaan, Allah selalu bersama kita.

Allah adalah Sumber Hikmah

Terlepas dari seberapa sulitnya situasi yang kita hadapi, kita harus ingat bahwa Allah adalah sumber hikmah yang tak terbatas. Dia tahu apa yang terbaik untuk kita, bahkan ketika kita tidak mengerti alasan di balik ujian yang diberikan-Nya kepada kita.

Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Mungkin kamu membenci sesuatu, padahal itu amat baik bagimu, dan mungkin (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Al Baqarah:216).

Baca Juga:  Apapun itu, Ingatlah Allah!

Dalam momen ketidakpastian, kita harus mempercayai rencana Allah. Terkadang, apa yang kita anggap sebagai kegagalan atau kekecewaan adalah jalan menuju kesuksesan yang lebih besar yang telah ditentukan oleh-Nya.

Doa sebagai Sarana Komunikasi

Ketika kita menghadapi kesulitan, berbicara dengan Allah melalui doa adalah cara untuk mencari petunjuk dan dukungan-Nya. Doa adalah sarana komunikasi langsung dengan Sang Pencipta, di mana kita dapat berbicara tentang perasaan, kekhawatiran, dan harapan kita.

Dalam Al-Quran, Allah mengatakan, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan” (Al Mu’min:60).

Melalui doa, kita dapat mencurahkan hati kepada Allah dan memohon bimbingan-Nya. Ketika kita mengungkapkan keraguan dan kecemasan kita dalam doa, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah, dan rasa takut atau putus asa akan mulai menghilang.

Mengamati kejadian yang sempat menggemparkan dikalangan mahasiswa mengenai kasus beruntun penghilangan nyawa akibat keputusasaan, hal ini dapat kita jadikan refleksi diri bahwa semua permasalahan tidak dapat selesai dengan mengakhiri hidup. Justru hal tersebut menjadi permasalahan baru.

Bagi kamu yang sedang mengalami hidup yang penuh dengan cobaan dan kesulitan, ingatlah bahwa Allah selalu bersama kita. Dia adalah sumber kekuatan, hikmah, dan dukungan. Ketika kita mempercayai rencana-Nya, bersabar dalam menghadapi cobaan, dan berkomunikasi dengan-Nya melalui doa, kita akan menemukan ketenangan dalam hati dan kepercayaan bahwa Allah akan membimbing kita melalui setiap rintangan.

Baca Juga:  Kenali Pentingnya Tujuan Hidup dalam Islam : Tips Hidup Lebih Bermakna!

Jangan menyerah, karena Allah selalu bersama kita. Dengan keyakinan dan kepercayaan pada-Nya, kita akan mampu menghadapi segala cobaan dan mengatasi setiap kesulitan yang datang dalam hidup kita. Allah adalah sumber kekuatan yang tak terbatas, dan dalam-Nya kita menemukan ketenangan dan harapan sejati. [] Adinda Aulia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post