Apakah Berwudhu ketika menggunakan make up diperbolehkan?

wudhu dengan make up
wudhu dengan make up

Almuhtada.org – Wudhu adalah salah satu syarat sahnya sholat. Ketika wudu sudah salah, maka solat pun tidak akan diterima.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melaksanakan wudhu, salah satunya adalah tentang kebersihan diri dan hal yang paling sering temukan pada wanita adalah mereka tidak menghapus make up ketika sedang berwudu. Apakah wudu tanpa menghapus make up diperbolehkan?

Salah satu sah nya wudhu adalah tidak ada sesuatu yang menghlangi air menuju kulit. Riasan asalah salah satu jenis sesuatu yang menempel pada kulit dan riasan ini sering dipakai oleh banyak perempuan baik remaja ataupun dewasa. Mereka biasa menggunakan riasan ketika berpergian ataupun hanya dirumah saja.

Saat berada di perjalan panjang pun mereka akan menggunakan riasan, sehingga ketika waktu solat tiba mereka juga akan tetap melaksanakan sholat.

Namun yang perlu digaris bawahi saat ini banyak sekali perempuan yang berwudu tanpa menghapus riasannya terlebih dahulu.

Riasan yang saat ini dibahas adalah jenis riasan yang tahan hingga seharian dan juga riasan yang sifatnya berlapis atau dapat dikatakan bahwa riasan tersebut sulit untuk dihilangkan jika hanya menggunakan air biasa.

Riasan dengan bahan berlapis dan tahan seharian adalah jenis riasan yang diharuskan untuk dihilangkan terlebih dulu sebelum berwudu karna bahan yang terkandung dalam riasan tersebut memjadikan kulit tidak dapat tersentuh dengan air. Hal tersebut tentu menjadikan wudu tidak sah apalagi ketika berwudu hendak melakukan sholat.

Baca Juga:  Sudahkah Lebih Baik Mengelola Waktu?

Hal yang harus dilakukan ketika perempuan menggunakan riasan yaitu di sarankan tidak menggunakan riasan yang sulit untuk dihilangkan dengan air.

Sebagai antisipasi jika menggunakan riasan yang berlapis maka bersihkan terebihdulu menggunakan cairan penghapus riasan.

Dengan itu maka wudhu diharapkan mampu lebih baik dan sesuai dengan syarat syarat yang telah ada sehingga ketika wdhu sah sholat pun akan sah juga. [] Nailah Maghfirah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post