Menjaga Hati Hingga Bertemu dengan yang Taqwa

Menjaga hati sebelum bertemu pasangan bertaqwa
Gambar ilustrasi menjaga hati sebelum bertemu pasangan bertaqwa (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Mencari pasangan hidup yang bertaqwa sangatlah tidak mudah. Namun, sebagai orang Islam kita harus terus berusaha dan berdo’a supaya mendapatkan jodoh yang terbaik.

Proses dalam mencari jodoh yang bertaqwa membutuhkan keikhlasan, kesabaran, bahkan kemampuan kita dalam menjaga hati.

Berikut adalah beberapa kiat yang insyaAllah dapat membantu dalam proses mencari pasangan yang taqwa:

  1. Berdo’a dan bertawakal kepada Allah SWT

Do’a adalah senjata terbaik dalam mencari pasangan yang taqwa. Sebelum mulai mencari, teruslah berdo’a memohon kepada Allah SWT. Supaya dipermuah dalam mendapatkan pasangan yang terbaik untuk kita.

  1. Jangan terlalu fokus pada penampilan fisik

Saat mencari pasangan, jangan terlalu fokus pada fisik semata. Tetaplah ingat, bahwa ketampanan dan kecantikan hanyalah sesaat.

Sedangkan rasa taqwa akan terus bersinar sepanjang masa. Oleh karena itu, carilah pasangan yang baik dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT.

  1. Kenali diri sendiri

Sebelum mencari pasangan, kenali diri sendiri terlebih dalulu. Carilah kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri,  serta apa yang bisa kita harapkan dari pasangan kita.

  1. Jaga hati dan pikitan

Dalam proses mencari pasangan, jangan sampai hati dan pikiran terkontaminasi dengan hal-hal yang tidak kita inginkan. Jagalah hati supaya tetap bersih dan terjaga, walaupun banyak sekali bentuk cobaan.

  1. Berkomunikasi dengan keluarga

Libatkan keluarga dalam mencari pasangan. Keluarga dapat memberikan saran atau dukungan dalam mencari pasangan. Namun, jangan terlalu bergantung pada keluarga, takutnya nanti malah tidak sesuai dengan keinginan kita.

  1. Bersikap positif dan terbuka
Baca Juga:  Taqwa Sebagai Kunci Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat

Bersikap positif dan terbuka sangatlah penting dalam mencari pasangan. Jangan terlalu membatasi kriteria pasangan, tetaplah selektif dan jangan sampai terbujuk dengan hal-hal yang tidak penting. Maksud dari bersikap terbuka adalah, siap menerima kritikan dan saran dari calon pasangan.

Dalam proses mencari pasangan yang taqwa tidaklah lepas dari kesabaran dan keikhlasan, Perlu kita ingat kembali, bahwa Allah SWT selalu memberikan jodoh yang terbaik untuk kita.

Oleh karena itu, tetaplah bertawakal dan berdo’a kepada Allah SWT, serta jaga hati supaya kuat iman dan tahan akan segala godaan. Semoga Allah SWT, memberikan jodoh yang terbaik bagi kita semua Aamiin ya robb fa insyaAllah. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post