Yuk Simak! 4 Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Puasa Sunnah Senin Kamis
Gambar Ilustrasi Puasa Sunnah Senin Kamis (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hari Senin dan Kamis adalah hari dimana Allah membukanya pintu surga  bahkan Allah sudah mengagkat bahwa puasa di hari Senin-Kamis banyak sekali manfaatnya saat itu juga amalan baik diangkat oleh Allah. Semasa hidupnya Nabi Muhammad sering sekali melaksanakan puasa senin-kamis terus.

Berikut adalah niat puasa senin-kamis: نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah saw. yang artinya: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim)

Puasa sunnah Senin dan Kamis adalah puasa sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam, dan terdapat beberapa keutamaan melaksanakan puasa Senin-Kamis:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa sunnah Senin dan Kamis adalah melaksanakan ibadah yang dapat membantu seseorang mendekatkan diri kepada Allah. Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan hubungan spiritual dengan sang pencipta.

  1. Mengikuti Sunnah Nabi

Rasulullah Muhammad SAW. sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Dengan berpuasa pada hari-hari ini, umat Islam mengikuti contoh dan sunnah Rasulullah.

Dengan mekalkukan puasa sunnah ini, secara tidak langsung Rosululloh juga mengajarkan untuk kita bersyukur sekaligus melatih hidup kita untuk sederhana.

Baca Juga:  4 Keutamaan Membaca Surah Al Insyirah Agar Segala Urusan Dipermudah

Karena banyak orang diluar sana yang masih kekurangan makan, bahkan mereka hanya sanggup makan sehari satu kali, maka dari itu nabi mengajarkan kita untuk bisa merasakan yang mereka rasakan dan tetap berperilaku rendah hati.

  1. Pelebur Dosa

Dalam hadis, disebutkan bahwa puasa sunnah dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan antara satu puasa dan puasa berikutnya. Ini merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pengampunan dari Allah.

  1. Pembersih Jiwa

Puasa adalah cara untuk membersihkan jiwa dan tubuh. Puasa Senin dan Kamis secara rutin dapat membantu membersihkan diri dari perbuatan buruk dan dosa-dosa. Selain dapat membersihkan jiwa, puasa sunnah juga dapat memberikan dampak bagi Kesehatan manusia.

Bahkan saking dahsyatnya manfaat dari puasa, dari segi Kesehatan dokter selalu menganjurkan pasiennya untuk berpuasa atau tidak makan dan minum selama beberapa jam sebelum dilakukannya operasi. Sungguh menakjubkan sekali.

  1. Mendapatkan Pahala yang berlipat ganda

Setiap amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan ajaran Islam akan mendatangkan pahala. Puasa sunnah Senin dan Kamis juga akan memberikan pahala kepada orang yang melakukanya. [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post