Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh: Puasa 3 Hari di Pertengahan Bulan

Puasa Ayyamul Bidh
Gambar ilustrasi puasa ayyamul bidh (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Puasa merupakan salah satu  ibadah wajib seorang  hamba terhadap Allah  subhanahu wata’ala, yang masuk dalam rukun islam. Puasa wajib bagi seorang muslim contohnya adalah Puasa ramadhan, Puasa qadha, dan puasa waib lainnya.

Dalam Surah Al-Baqarah (2:183), Allah berfirman:

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Adapun Puasa sunah merupakan ibadah Puasa yang tidak wajib dikerjakan  namun insyaallah apabila dikerjakan pahalanya luar biasa, seperti puasa ayyamul bidh, puasa senin kamis, dan puasa sunah lainnya.

Puasa ayyamul bidh adalah Puasa pertengahan bulan, yakni tanggal 13,14, dan 15 perbulannya. Adapun keutamaan puasa ayyamul bidh adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Membersihkan Jiwa

Dengan berpuasa kita dapat mengontrol hawa nafsu, yang mana hal ini dapat melatih kesabaran dan mencegah kemaksiatan sehingga dapat membersihkan jiwa kita.

  1. Meningkatkan Ketakwaan pada Allah

Berpuasa selama 3 hari di pertengahan bulan  ini tentunya dapat meningkatkan  Ketakwaan terhadap Allah. Karena puasa termasuk salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

  1. Menyehatkan Badan

Berpuasa dapat menyehatkan badan karena dengan berpuasa metabolisme akan lebih efisien dalam pelepasan hormon adiponektin, dimana hormon ini membantu setiap sel organ dan otot tubuh dalam menyerap nutrisi.

  1. Dapat Menggugurkan Dosa
Baca Juga:  Adab dalam Menuntut Ilmu dan Keutamaanya dalam Islam

Berpuasa sunah juga merupakan salah satu bentuk ibadah dalam upaya untuk menggugurkan dosa.

  1. Pahalanya Seperti Puasa Selama Satu Tahun

Rasulullah salallahu alaihi wasalam  bersabda barang siapa “Diriwayatkan dari Abu Dzar RA, sungguh Nabi SAW bersabda: “Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun”. Dari hadist ini artinya ketika kita berpuasa selama 3 hari yakni puasa ayyamul bidh , pahalanya yakni setara dengan kita berpuasa selama satu tahun penuh.

Demikianlah beberapa penjelasan  mengenai keutamaan  puasa ayyamul bidh. Jangan lupa dipertengahan bulan nanti untuk berpuasa ayyamul bidh. [] Rosi Daruniah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post