Ahwan Fanani Diangkat Sebagai Guru Besar Hukum Islam UIN Walisongo Semarang

Guru Besar
Prof. Dr. Ahwan Fanani, M.Ag, M.S, guru besar dalam bidang Hukum Islam UIN Walisongo Semarang (Dok. Pribadi - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Anggota Dewan Masyayikh Pesantren Riset Al-Muhtada, Ahwan Fanani, diangkat sebagai guru besar dalam bidang ilmu hukum islam di UIN Walisongo Semarang.

Prof. Ahwan Fanani merupakan dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo  Semarang serta dosen Program Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Wakil Dekan I FISIP UIN Walisongo Semarang  tersebut merupakan salah satu anggota Dewan Masyayikh di Pesantren Riset Al Muhtada Semarang bersama enam orang lainnya.

Pria asal Kediri tersebut menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Syariah IAIN Walisongo (Lulus 2001), kemudian menyelesaikan S2 dalam bidang Hukum Islam di kampus yang sama pada tahun 2003. Pendidikan S3 dalam bidang Hukum Islam diraihnya di IAIN Sunan Ampel pada tahun 2011. Beliau juga sempat menyelesaikan S2 dalam bidang Kesusasteraan dari Universitas Diponegoro pada tahun 2018.

Selain pendidikan formal tersebut, Prof. Dr. Ahwan Fanani, M.Ag, M.S. juga aktif mengikuti berbagai pelatihan baik di dalam maupun luar negeri. Di antaranya  adalah:

  1. Mediation dan Conflict Resolution Course kerjasama Pusat Mediasi IAIN Walisongo dan Nuffic Belanda di Universitas Wageningen dan Utrecht Belanda 20 April- 27 Mei 2007
  2. Diklat Penelitian Naskah Keagamaan diselenggarakan oleh Badan Litbang Depag RI dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Keagamaan Depag di Pusdiklat Depag RI Jakarta 28 Oktober – 02 Desember 2008
  3. Certificate Program Advanced International Study Program in Peace and Conflict Transformation, in European University for Peace Study (EPU) Stadtschlaining Austria, Summer Term 31 May-22 Agustus 2009
  4. Advanced Conflict Management in Training, Practice, Teaching and Research in Centrum voor Conflicthantering Harleem (Netherland) and Vrije Universiteit Amsterdam tanggal 10 – 24 September 2016.
Baca Juga:  Lepas Mahasantri Angkatan 2, Pesantren Riset Al-Muhtada Selenggarakan Haflah Muwadda'ah pada 30 Juli 2023

Selain aktif di kampus, Prof. Ahwan juga menduduki jabatan di berbagai organisasi, antara lain Wakil Ketua Bidang Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Jawa Tengah 2019- 2024; Ketua Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (Forsiladi) DPW Jawa Tengah 2022-2027; Anggota Pengurus Majelis Wilayah Korps Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Jawa Tengah 2022 – 2027; dan Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Jawa Tengah 2023 – 2028 [] Mohammad Rizal Ardiansyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post