Hak-Hak Muslim terhadap Muslim Lainnya yang Harus Dipenuhi

Hak Muslim
Gambar ilustrasi hak muslim trhadap mulim lainnya (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhada.org – Rasulullah SAW bersabda “Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzaliminya dan tidak membiarkannya disakiti. Barang siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah SWT akan membantu kebutuhannya.

Barang siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah SWT menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari kiamat. Barang siapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah SWT akan menutupi (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Berdasarkan hadits tersebut, setiap muslim dianjurkan untuk saling berbuat kebaikan dan menjalin hubungan persaudaraan yang baik. Dengan adanya hubungan tersebut tentunya ada hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim.

Islam adalah agama kasih sayang yang mengajarkan untuk memenuhi hak terhadap sesama muslim. Hak muslim adalah perintah yang dituntut untuk dikerjakan, ditekankan dan jangan sampai ditinggalkan. Sebagaimana dalam hadits, ada enam hak muslim terhadap muslim lainnya yang harus dipenuhi. Hadits tersebut berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam. (1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucap ‘alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucap ‘yarhamukallah’); (5) apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) apabila meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim).

Baca Juga:  Bersama Nabi Ibrahim dan Sayyidah Sarah! Inilah Keadaan Anak-Anak Kecil yang Meninggal

1. Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya

Salam merupakan doa dan penghormatan. Di dalamnya berisi doa keselamatan, doa rahmat agar mendapat kebaikan, dan doa keberkahan.

Mengucap salam hukumnya sunnah dan lebih diutamakan sehingga diwajibkan bagi kita untuk menjawab salam tersebut.

2. Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya

Undangan tersebut bermaksud umum, baik undangan untuk menghadiri sebuah acara maupun undangan untuk dimintai bantuan.

Dengan menghadiri undangan, kita dapat memuliakan yang memberi undangan dan membentuk hubungan yang baik dengannya.

3. Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya

Jika datang seseorang untuk meminta nasihat pada kita maka wajib hukumnya untuk memberinya nasihat yang benar dan tulus.

Namun, jika tidak dimintai nasihat, lalu ada mudharat atau dosa, maka kita tetap wajib untuk menasihatinya sebagai bentuk menghilangkan kemungkaran pada saudara muslim.

4. Apabila dia bersin lalu memuji Allah, doakanlah dia

Wajib mengucapkan tasymit (yarhamukallah) ketika ada yang bersin lalu mengucapkan alhamdulillah. Tasymit diucapkan ketika orang yang bersin mengucap alhamdulillah sebanyak tiga kali.

Sedangkan untuk keempat kalinya, jika masih bersin, maka ucapkan “yahdikumullah wa yushlih baalakum” (semoga Allah memberimu hidayah dan memperbaiki keadaanmu).

5. Apabila sakit, jenguklah dia

Menjenguk orang sakit sangat dianjurkan karena dapat mengurangi duka keluarganya, mendoakan kebaikan kepada yang sakit, dan dapat memperkuat ukhuwah.

6. Apabila meninggal dunia, iringilah jenazahnya

Baca Juga:  7 Golongan Orang yang Akan Dinaungi Allah di Hari Kiamat

Merawat dan mengantarkan jenazah merupakan pemenuhan hak mayit dan hukumnya fardhu kifayah. Mengantar jenazah memiliki keutamaan yang besar seperti yang disabdakan Rasulullah SAW.

“Siapa yang mengantarkan jenazah hingga mensalatkannya maka baginya pahala satu qhirath, dan siapa yang mengantarkannya hingga dimakamkan maka baginya pahala dua qhirath.” Beliau ditanya, “Apakah yang dimaksud qhirath?” Beliau menjawab, “Bagaikan dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya kita memenuhi hak muslim lainnya. Karena hak-hak tersebut diperintahkah oleh Allah SWT melalui hadits Rasulullah SAW. Dengan memenuhi hak-hak saudara kita, semoga kita juga mendapatkan hak-hak dari saudara kita. [] Assyahla Hafidzah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post