Ini Dia Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
Gambar ilustrasi keutamaan Sholat Tahajud (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Waktu melaksanakannya yaitu setelah sholat isya sampai waktu subuh.

Cara penegerjaan sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya yaitu dua rakaat salam dengan jumlah rakaat tak terbatas (sesuai kemampuan).

Banyak dalil-dalil dalam Al-Quran yang menyebutkan tentang sholat tahajud, yang mana itu menunjukkan seberapa utamanya sholat tahajud ini. Dalil/ayat-ayat yang dimaksud seperti :

Al-Israa’ ayat 79 :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Al-Israa’/17 : 79)

Az-Zariyat ayat 17-18 :

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Az-Zariyat/51: 17-18)

Al-Insan ayat 25-26 :

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَأَصِيلًا وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” (Al-Insaan/76: 25-26).

Potongan ayat Az-Zumar ayat 9 :

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?…” (Az-Zumar/39: 9).

Baca Juga:  Perlu Diketahui, Beberapa Keutamaan Sholat Dhuha

Selain beberapa ayat-ayat Al-Quran di atas, masih banyak lagi dalil yang menyebutkan atau mengarah ke sholat malam, baik itu berasal dari Al-Quran maupun Hadist.

Dari beberapa ayat-ayat Al-Quran di atas ada yang disebutkan secara gamblang (jelas) tentang sholat malam (tahajud) dan ada yang membutuhkan tafsiran lebih lanjut mengenai maksudnya. Namun, para ulama pun mengarahkan maksud dari dalil di atas yaitu ke sholat malam (tahajud).

Nah, sekarang apa saja manfaat dan keistimewaan sholat tahajud?

  1. Menenangkan Hati dan Pikiran

Dikeheningan malam kita hanya fokus melaksanakan sholat tahajud, maka keheningan itu akan membawa kita lebih berkonsentrasi dalam beribadah dan membawa kita kepada ketenangan jiwa, hati, dan pikiran.

  1. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Dalam sebuah hadist yang artinya “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, ‘Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas dapat diketahui bahwa waktu sepertiga malam terakhir adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Orang yang melaksanakan sholat tahajud dan melakukannya secara rutin akan dekat dengan Allah SWT dan kedekatan itu akan membawa seseorang kepada ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

  1. Diangkat ke Tempat yang Mulia oleh Allah SWT
Baca Juga:  Makna serta Keutamaan Berdzikir dalam Islam

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya di atas pada surah Al-Israa’ ayat 79, bahwa orang yang melaksanakan sholat tahajud InsyaAllah akan diangkat oleh Allah SWT ke tempat yang terpuji. Tempat terpuji di sisi Allah yang dijanjikan tentunya merupakan hal yang sangat diinginkan setiap umat.

Oleh karena itu, janji tentang tempat terpuji ini merupakan janji yang amat berharga dan sangat tinggi untuk kita sebagai umat muslim.

Dari dalil-dalil tentang sholat tahajud dan manfaat nya yang telah dijelaskan di atas, sekarang kita mengetahui bahwa sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan memiliki berbagai manfaat (bahkan lebih banyak dari yang disebutkan).

Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan dan membiasakan diri sholat tahajud dan mengejar tempat terbaik di sisi Allah bersama. [] Abian Hilmi

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post