Tips Agar Bersemangat dalam Beramal Shalih

Beramal Shalih
Semangat beramal shalih (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Apa sih amal shalih itu? Amal shalih adalah suatu perbuatan yang bersifat terpuji dan diketahui subjek atau pelakuknya.

Amal shalih juga dapat dikatakan sebagai perilaku atau perbuatan yang dilakukan hanyalah mengharap pahala dan ridha Allah swt.

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih, (bahwa) mereka akan mendapat ampunan dan pahala yang besar. (Surat Al-Maidah ayat 9)

Lalu bagaimana tips supaya makin bersemangat dalam beramal shalih?

Simak artikel dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang lebih detail.

  1. Memahami bahwa tujuan penciptaan kita adalah untuk beribadah kepada Allah swt. Apapun bentuk amal perbuatan harus dilakukan dengan kesadaran bahwa Allah selalu berada bersama kita dan mengawasi gerak gerik kita.
  2. Memahami nilai akhirat dibandingkan dunia. Maksutnya adalah kita diperintahkan untuk selalu mengedepankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangannya.
  3. Meyakini dengan sepenuhnya konsep perhitungan yaummul hisab. Setiap amal sekecil apapun ada nilai danpertanggung jawabannya. Dihadapan Allah swt.
  4. Mengakrabkan diri dengan Al-qur’an dan As-sunnah. Jadikanlah Al-qur’an sebagai teman dekat, teman yang mana selalu ada disaat kita susah maupun senang. Pahamilah isi kandungan yang terdapat di dalam Al-qur’an. Syukur jika bisa mengamalkannya. Jangan lupa untuk menerapkan sunnah-sunnahnya. Contoh kecil, sholat qobliyah subuh secara rutin insyaallah pahala yang telah kita dapat berlipat ganda.
  1. Menghindari semua bentuk kemaksiatan dan dosa-dosa kecil. Lalu bagaimana sih cara yang tepat untuk menghindarinya? Mulailah dari menjaga mata, mata adalah pandangan pertama disaat kita melihat sesuatu. Maka, berhati-hatilah dalam melihat apapun karena pada dasarnya semua akan kembali disaat hari pembalasan.
Baca Juga:  Berikut Beberapa Daun yang Berkhasiat dalam Islam

Kemudian yang kedua, menjaga telinga. Dengarkan sesuatu yang kiranya sangat penting dan bermanfaat bagi kita. Jangan mau mendengarkan berita yang semata-mata belum tentu benar.

Yang ketiga, jagalah lisan. Menjaga lisan itu untuk menghindari perkataan kasar. Menghindari ghibah, dan masih banyak lagi. Daripada sia-sia untuk ghibah, mending kita gunakan untuk berdzikir kepada Allah.

  1. Mengingat bahwa kematian itu datang secara mendadak. Allah tidak berpihak kepada siapa yang akan mati duluan. Maka dari itu, tugas kita hanyalah mencari amal dan memperbaiki diri supaya lebih baik lagi.
  2. Memohon pertolongan dan bantuan kepada Allah setiap saat. Selain meminta pertolongan kepada sesama, kita diperintahkan untuk meminta pertolongan kpada Allah. Ada pepatah yang mengatakan Allah Mboten Nate Sare. Maksutnya adalah Allah tidak pernah tidur. Kapanpun kita meminta do’a kepadanya pasti akan terkabul walaupun terkadang melewati banyak proses.

Beramal shalih itu tidak sulit kok teman-teman, yang sulit itu ketika kita belum amal dan bilang tidak bisa. Allah sangat menyukai hambanya yang berproses menjadi lebih baik dan selalu ingat kepadanya dimanapun kita berada. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post