Besarnya Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar
Doa Sayyidul Istighfar yang memiliki banyak keutamaan (Madanianews - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia adalah makhluk tidak bisa luput dari lupa dan salah, tidak ada manusia yang luput dari kesalahan baik kesalahan yang di sengaja maupun yang tidak disengaja, tetapi manusia di beri kesempatan oleh Allah SWT untuk segera bertaubat atas kesalahannya.

Salah satu cara bertaubat yaitu dengan cara sholat, istighfar, dan berjanji kepada Allah SWT utuk tidak mengulangi perbuatanya, banyak bacaan istighfar yang dapat diamalkan oleh orang muslim, diantaranya yaitu sayyidul istighfar.

Setiap muslim dianjurkan untuk membacara istighfar setiap hari, lebih afdhol istighfar dilakukan di pagi hari agar kita mengawali hari dengan megingat Allah SWT, Doa sayyidul istighfar merupakan bacaan istighfar terbaik dan paling utama menurut agama Islam.

Sayyidul istighfar ini lebih baik dari yang lafadz dzikir yang lain. Bukan berarti yang lain tidak baik, tapi lebih utama membaca sayyidul istighfar.

Karena secara bahasa kata “sayyidul” berarti penghulu atau pemimpin, sedangkan  istighfar diartikan sebagai permintaan atau permohonan ampun kepada Allah Swt. Jadi sayyidul istighfar adalah penghulu permohonan ampun kepada Allah SWT.

DOA SAYYIDUL ISTIGHFAR

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Arab-latin: Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Baca Juga:  Muslim Wajib Tahu! Ini Dia 5 Waktu Do’a yang Mustajab

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Kau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

KEUTAMAAN SAYYIDUL ISTIGHFAR

Manfaat sayyidul istighfar sangat besar bagi umat muslim, istighfar ini seakan-akan menyiratkan kita sangat kecil dan rendah di hadapan Allah SWT atas dosa-dosa dan kesalahan yang diperbuat di masalalu.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengucapkannya [sayyidul istighfar] pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni syurga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni syurga” (HR. Bukhari).

Keutamaan sayyidul istighfar yang selanjutnya tertuang dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 222. Adapun arti ayat tersebut yaitu sebagai berikut:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri” (QS.al-Baqarah: 222).

Dari hadist dan ayat alquran diatas sayyidul istighfar sangat-sangat besar bahkan tidak hanya diampuni dosa-dosanya tapi insyaallah kita dapat masuk surganya Allah SWT.

Apalgi kita melakukan atau membacanya dengan istiqomah maka fadillah yang kita dapat insyaallah sangat besar dan banyak. Walau a’lam bissawab. [] Muhammad Ikhsanudin

Baca Juga:  13 Januari Sudah Memasuki Bulan Rajab, Catat yang Harus Kalian Lakukan!

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post