Ingin Doa Cepat Terkabul ? Lakukanlah Beberapa Hal Berikut!

cara cepat terkabulnya doa
Gambar ilustrasi cara cepat terkabulnya doa (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagian besar umat muslim terkadang merasa heran, mengapa doa mereka belum dikabulkan oleh Allah Swt. dalam waktu yang cukup lama, padahal mereka telah berikhtiar dan berdoa dengan sungguh-sungguh kepada-Nya.

Lantas mengapa doa mereka dikabulkan dalam rentang waktu yang cukup lama? Serta, apa saja cara agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah Swt. ?

Alasan mengapa doa seseorang tidak dikabulkan atau dikabulkan dalam jangka waktu yang relatif lama disebabkan oleh beberapa hal yang meliputi :

  1. Orang tersebut memiliki/melakukan sesuatu yang haram, sehingga hal tersebut akan menghalangi doanya agar dikabulkan oleh Allah Swt. Contohnya adalah doa orang yang memakan riba tidak akan dikabulkan oleh Allah Swt.
  2. Orang tersebut memutuskan tali silaturahim dengan keluarga, sanak saudara, maupun orang lain. Allah Swt. sangat membenci orang yang memutus tali silaturahim, hingga doa yang mereka pintakan tidak akan dikabulkan oleh Allah Swt.
  3. Orang tersebut tidak melakukan sesuatu yang dilarang maupun dibenci oleh Allah Swt., sehingga Allah Swt. mengganti doa tersebut dengan mengabulkannya kelak di akhirat atau menghindarkan orang tersebut dari segala bentuk kejelekan. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi :

ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ « اللَّهُ أَكْثَرُ »

Baca Juga:  Ingin Do’a Cepat Dikabulkan? Amalkan 7 Dzikir Ini Sebelum Berdo’a

Artinya : “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad)

Seteah mengetahui penyebab tidak terkabulnya doa maupun penyebab terkabulnya doa dalam rentang waktu yang relatif lama, lantas apa saja cara yang dapat mempercepat terkabulnya doa yang kita pintakan kepada Allah Swt ? Berikut merupakan beberapa cara agar doa yang kita pintakan cepat dikabulkan oleh Allah Swt.

  1. Selalau menghindari perbuatan maupun hal-hal yang dibenci oleh Allah Swt. Contoh dari perbuatan maupun hal-hal yang dibenci oleh Allah Swt. adalah berbuat maksiat, memakan riba, dan sebagainya.
  2. Selalu mempererat tali silaturahim kepada keluarga, sanak saudara, dan orang lain. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Allah Swt. sangat membenci orang yang memutuskan tali silaturahim dengan orang lain. Begitu pula sebaliknya, Allah Swt. sangat menyukai seseorang yang mempererat tali silaturahim dengan orang lain.
  3. Berdoa di waktu-waktu yang mustajab, seperti berdoa di sepertiga malam, setelah adzan, saat turun hujan, ketika malam Lailatul Qadar, dan ketika waktu-waktu mustajab lainnya.
Baca Juga:  Menyambut Ujian dengan Bismillah: Doa Amalan agar Dimudahkan dalam Menuntut Ilmu

3 hal di atas merupakan Sebagian kecil cara yang dapat dilakukan agar doa yang kita pintakan kepada Allah Swt. dapat dikabulkan dengan cepat. Namun, perlu diingat bahwasanya Allah Swt. dapat menunda terkabulnya doa yang kita pintakan hingga di akhirat serta mengganti doa yang kita pinta dengan menghindarkan kita dari segala kejelekan maupun keburukan yang akan menimpa kita.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa berdoa kepada Allah Swt. dengan keadaan yang sebaik-baiknya, dengan kata lain tidak berbuat sesuatu yang diharamkan serta diebnci oleh Allah Swt. agar kelak doa kita dikabulkan oleh Allah Swt. maupun diganti dengan dihindarkannya diri kita dari segala bentuk kejelekan dan keburukan yang akan menimpa kita.[] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post