Inilah 4 Permintaan yang Harus disertakan dalam Doa, Yuk Mulai Biasakan dari Sekarang!

Ilustrasi Gaambar Salah Satu Do'a Yang Berisi Permintaan (Freepik.com - Almuhtada.com)

Almuhtada.org – Sobat Almuhtada sudah meminta apa saja hari ini kepada Allah SWT? Tentu jawabannya beragam ya. Sebagai makhluk berakal, jelas kita mempunyai permintaan yang beraneka ragam dan Allah SWT telah memberikan kesempatan kepada kita untuk meyampaikannya dengan cara berdoa.

Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Ku kabulkan bagi kalian.” (Q.S. Ghafir:60).

Allah SWT memiliki sifat Maha Pengatur, tetapi Allah tidak menutup celah bagi hamba-Nya untuk menyampaikan segala keinginan yang ingin dicapai hamba-Nya.

“Tidak ada seorang Muslim yang berdoa dengan tidak disertai dengan doa dan memutus hubungan persaudaraan kecuali Allah pasti akan memberikannya salah satu dari tiga hal. Bisa disegerakan doanya untuk dikabulkan, mungkin pula Allah menyimpannya sehingga dibalas di akhirat kelak. Dan kemungkinan pula Allah akan menghindarkan dia dari kejadian buruk yang menjadi ganti setara dari doa kebaikan yang ia panjatkan.” (HR. Ahmad).

Penjelasan di atas telah mengingatkan kepada kita bahwa doa itu penting. Oleh karena itu, jangan bosan untuk memanjatkan doa kepada Allah. Nah, dari banyaknya keinginan kita kepada Allah, jangan lupa untuk sertakan empat permintaan berikut ini saat berdoa ya, yaitu:

  1. Permintaan agar bisa merasakan kenikmatan dalam beribadah.
  2. Permintaan agar selalu didekatkan dengan kebaikan.
  3. Permintaan agar selalu dilindungi dari segala yang haram.
  4. Permintaan agar memiliki kelapangan hati dalam menerima ketetapan-Nya.
Baca Juga:  Besarnya Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Empat permintaan di atas hendaknya selalu kita sampaikan kepada Allah SWT dan lebih baik jika kita ucapkan sesering mungkin. Alasannya tidak lain agar kita ingat dan sadar terus bahwa hidup di dunia ini tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada-Nya.

Kita butuh kenikmatan dalam beribadah agar bisa menambah keimanan kita kepada Allah dan semoga karena kenikmatan tersebutlah kita bisa diwafatkan dalam keadaan menikmati ibadah serta surga sebagai balasannya.

Kita butuh kebaikan dalam diri dan di sekitar kita agar senantiasa bersemangat melakukan kebaikan sebagai bekal kita menuju kehidupan yang abadi dan semoga kelak menjadi pemberat amal kebaikan di yaumul mizan.

Kita ingin terhindar dari sesuatu yang haram karena hal tersebut menjadi salah satu faktor sulit terkabulnya doa. Kita butuh kelapangan hati dalam menerima ketetapan-Nya sebagai bukti bahwa kita beriman kepada-Nya dan setia menghamba kepada-Nya.

Itulah empat permintaan yang hendaknya disertakan saat berdoa kepada Allah. Tentu ada banyak permintaan penting yang kita inginkan, jadi teruslah meminta yang terbaik kepada-Nya, jangan bosan. Semoga Allah SWT memberikan kita kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta melindungi kita dari azab neraka. [] Raudhatul Jannah

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post