Inilah 7 Huruf Hijaiyah yang Tidak Ada dalam Surah Al-Fatihah

huruf hijaiyah pada surah Al-Fatihah
Gambar ilustrasi huruf hijaiyah pada surah Al-Fatihah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Surah Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Al-Qur’an yang tergolong dalam surah Makiyyah. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini merupakan surat yang merangkum seluruh isinya Al-Qur’an, sehingga surah ini disebut sebagai Ummul Kitab atau Induk Kitab.

Surat Al-Fatihah memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya adalah

Adapun huruf-huruf yang terdapat dalam surah Al-Fatihah adalah semua huruf hijaiyah kecuali 7 huruf, yakni ث, ج ,خ , ز,ش ,ظ, dan ﻑ. Mengapa 7 huruf  tersebut tidak termasuk dalam surah Al-Fatihah?

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyebutkan  alam Tafsir Mafatihul Ghaib, beliau menjelaskan bahwasannya penjelasan dari 7 huruf hijaiyah  yang tidak terdapat dalam Surat Al-Fatihah adalah sebagai berikut

  1. Huruf ث

Alasan mengapa huruf ث tidak masuk dalam surat Al-Fatihah adalah karena huruf ث adalah  huruf hijaiyah yang membawa kehancuran (اسم الثبور). Barang siapa yang membaca Surah Al-Fatihah maka dia selamat, terbebaskan dari kehancuran, dan kebinasaan.

  1. Huruf ج

Huruf ج adalah nama sebuah neraka, yakni jahannam (اسم الجهنم). Barang siapa yang membaca Surah Al-Fatihah, maka dia akan terbebaskan dari neraka jahannam kelak, aamiin.

  1. Huruf خ

Huruf خ adalah nama dari sebuah rasa takut (اسم الخوف). Dan barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Allah Ta’ala pelihara dia dari rasa takut di hari kiamat.

  1. Huruf ز

Huruf ز merupakan sebuah makanan (pohon) di neraka (اسم الزقوم). Dan barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah, Allah Ta’ala pelihara dia dari memakan makanan (pohon) di neraka, maksudnya dia tidak akan masuk neraka.

  1. Huruf ش
Baca Juga:  Turunnya Hujan dalam Islam : Rahmat atau Petaka ?

Huruf ش melambangkan  nama sebuah daging panggang (اسم الشوى ). Barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Allah Ta’ala haramkan jasadnya dari (terbakar) api neraka.

  1. Huruf ظ

Huruf ظ adalah nama sebuah perpisahan(اسم الفراق Barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Allah Ta’ala tidak akan pisahkan dia dari orang orang yang dicintainya di hari kiamat nanti.

  1. Huruf

Huruf ﻑ itu adalah nama sebuah neraka. Barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Allah Ta’ala pelihara dia dari masuk Neraka Lazhoh.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam sebuah tulisan, semoga dapat bermanfaat. Wallahu a’lam bissab. [] Rosi Daruniah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post