Menyempurnakan Ramadhan dengan Melaksanakan Tiga Pokok Amalan Berikut

amalan pokok bulan Ramadhan
Gambar ilustrasi amalan pokok bulan Ramadhan (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org –  Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang paling dinanti-nantika oleh seluruh umat islam di dunia.

Diamana pada bulan Ramadan terdapat banyak sekali fadhilah-fadhilah, segala doa diijabah oleh Allah SWT, pintu-pintu surga terbuka luas, pintu-pintu neraka tertutup rapat, selain itu bulan Ramadan juga merupakan bulan pengampunan dari Allah SWT.

Banyaknya keutamaan pada bulan Ramadan menjadi salah satu momentum bagi umat islam untuk lebih meningkatkan ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terdapat tiga amalan pokok amalan Ramadan yang dapat meningkatkan kualitas spiritual, diantaranya:

  1. Meningkatkan atau Memperbanyak Salat

Salat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi seluruh umat islam. Jikalau pada hari-hari biasa hanya melaksanakan ssalat lima waktu saja, makan alangkan lebih baiknya jika kita lebih meningkatkan salat pada bulan Ramadan.

Meningkatnkan salat bisa dengan menambah dengan melaksanakn salat-salat sunnah, seperti melaksanakan salat tahajud, salat dhuha, maupun shalat sunnah rowattib.

  1. Memperbanyak berinteraksi dengan Al-Quran

Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat islam, dan membacanya merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan selama bulan ramadan.

Selain membaca, memahami, dan merenungi makna-makna Al Qur’an, alangkan lebih baiknya jika kita juga melakukan interaksi dengan Al Qur’an dengan cara menghadiri kajian tafsir Al-Qur’an, menghafalkan Al Qur’an, dan merenungi setiap makna yang terkandung dalam setiap ayat Al Qur’an.

  1. Memperbanyak Infaq dan Sedekah
Baca Juga:  Perlu di Garis Bawahi Inilah Pengertian dan Makna Dari Makanan Halalan Toyyiban yang Sesungguhnya

Pokok amalan ramadan yang terakhir ialah dengan memperbanyak infaq dan bersedekah. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas yang menceritakan, “Rasululah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan ramadan”. Kemudian dalam hadits lain mengatakan “sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan ramadan” (HR. Tirmidzi).

Itulah tida pokok amalan ramadan ramadan. Semoga dengan melakukan tiga poko amalan tersebut dapat menjadi jalan kita untuk meningkatakn kualitas ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT selama bulan ramadan ini. Semoga semua amalan-amalan yang kita lakukan di bulan ramadan ini biterima oleh Allah SWT. [] Dela Kurniawati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post