Kisah Unik Sahabat Ali bin Abi Thalib ra Yang Membuat Seorang Yahudi Masuk Islam Karena Keadilannya

kisah sahabat Ali bin Abi Thalib
Gambar ilustrasi kisah sahabat Ali bin Abi Thalib (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Ada banyak sekali kisah inspiratif yang dapat kita ambil dari zaman Rasulullah SAW dan para sahabat beliau.

Karena kisah – kisah tersebut memiliki nilai – nilai islam dan kehidupan yang sangat berharga untuk umat islam dimasa mendatang. Selain itu kisah – kisah itu nantinya akan membangun karakter generasi islam dengan hal – hal yang baik.

Dari beberapa kisah tersebut, ada salah satu kisah yang berasal dari zaman kekhalifahan Ali bin Abi Thalib ra. Kisah ini menceritakan Khalifah Ali bin Abi Thalib ra sendiri yang mana beliau pada saat itu membuat seorang yahudi masuk agama islam. Orang yahudi itu masuk islam karena beliau menunjukkan keadilan agama islam padanya.

Kisah ini diceritakan dalam salah satu tausiyah dari Ustadz Khalid Basalamah yang mana beliau bercerita tentang satu riwayat dari seorang yahudi yang masuk islam tersebut.

Perlu diketahui bahwa untuk membuat seorang yahudi memeluk agama islam itu sudah sangat sulit mulai dari zaman Rasulullah SAW.

Sehingga dalam sejarah Islam hanya ada kurang dari 10 orang yang masuk islam termasuk dari orang yang diislamkan Ali bin Abi Thalib ra tersebut.

Disebutkan pada suatu hari Khalifah Ali bin Abi Thalib ra tengah berjalan – jalan di pemukiman Yahudi. Ditengah perjalanan beliau melihat suatu rumah yang mana didepan rumah tersebut ada baju – baju yang dijemur. Diantara baju – baju tersebut ternyata ada satu baju perang yang menarik perhatian beliau.

Baca Juga:  Makna Berkurban di Hari Idul Adha: Mengorbankan Apa yang Kita Sukai dalam Hidup

Karena itu beliau mendatangi rumah tersebut dan bertanya pada pemilik rumah itu apakah baju perang yang dijemur didepan itu miliknya.

Pemilik rumah itu yang juga seorang yahudipun menjawab kalau itu adalah miliknya karena itu ada didepan rumahnya. Namun Khalifah Ali bin Abi Thalib ra meyakini bahwa itu miliknya sehingga ia mengajak orang yahudi tersebut ke pengadilan.

Ketika dipengadilan beliau masuk dan mengucap salam, orang – orang yang ada disanapun hanya menjawab salam beliau. Orang yahudi itu kaget karena orang – orang itu tidak menyalami pemimpin mereka selayaknya raja pada umumnya.

Lalu ia lebih terkejut lagi karena Khalifah Ali bin Abi Thalib ra masih mengantri untuk melakukan proses pengadilan karena kebetulan saat itu banyak orang yang masih diadili.

Hingga ketika waktu pengadilan tiba Khalifah Ali membuat pernyataan tentang baju perang tersebut. Bukti – bukti telah beliau sampaikan dan orang yahudi itu juga menyampaikan penyataannya tentang baju perang itu.

Setelah itu hakim yang bernama Syuraiz bertanya apakah ada saksi yang dapat membenarķan pernyataan dari pihak Khalifah Ali bin Abi Thalib ra.

Khalifah Ali bin Abi Thalib ra menjawab bahwa hanya kedua anak dan istri beliau yang mengetahui bahwa itu adalah baju perang milik beliau.

Tapi karena ketiga orang tersebut tidak bisa menjadi saksi dalam hukum peradilan islam maka penyataan tersebut dianggap tidak sah. Sidangpun berakhir dengan hasil bahwa baju perang itu milik orang yahudi tersebut.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Imam Ghazali Saat Memberi Minum Seekor Lalat

Orang yahudi itu awalnya tidak percaya dan bertanya apakah pengadilan sudah selesai dengan itu. Khalifah Ali bin Abi Thalib ra dan Syuraiz yang hendak keluar menjawab bahwa pengadilan sudah selesai dan hasilnya itu sah. Orang yahudi itupun takjub akan hasil dari pengadilan tersebut dan mengatakan kebenarannya pada mereka berdua

Ternyata baju perang itu memang benar miliki Khalifah Ali bin Abi Thalib ra yang aman orang yahudi itu mencurinya dari rumah beliau.

Pada akhirnya ia masuk Islam dengan mengucapkan Syahadat pada saat itu juga. Demikian kisah unik dari Khalifah Ali bin Abi Thalib ra dan orang yahudi tersebut semoga bermanfaat. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post