Tips Membangun Kepercayaan Diri, Langkah Praktis Berdasarkan Perspektif Islam

Membangun Kepercayaan Diri Menurut Islam
Gambar Ilustrasi Membangun Kepercayaan Diri Menurut Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Percaya diri merupakan sifat yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Dengan memiliki sikap percaya diri, seseorang akan dapat mengeksplor dirinya terhadap banyak hal.

Merasa tidak percaya diri dibeberapa momen mungkin menjadi hal yang biasa dialami oleh beberapa orang, baik seorang intorovert maupun exterovert.

Namun ada baiknya jika kita tidak terbawa oleh arus ini, karena ketika seseorang sering merasa tidak percaya diri maka akan banyak sekali dampak negatif yang diperoleh, salah satunya kehilangan kesempatan untuk menyalurkan potensi-potensi yang ada pada dirinya. Hal tersebut akan menimbulkan kekecewaan kepada diri sendiri di masa yang akan datang.

Dalam islam pun diajarkan untuk selalu percaya diri dan tidak mudah putus asa. Seperti halnya diterangkan dalam Al-Quran surat Ali-Imran:139.

Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati,padahal kamulah orang-orangyang paling tinggi (derajatnya), jika    kamu orang-orang yang beriman.”

Tips Membangun Kepercayaan Diri

Berikut beberapa tips atau langkah-langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri dari perspektif islam, diantaranya:

  1. Meningkatkan Motivasi

Untuk dapat memiliki rasa percaya diri, hal yang paling utama diperbaiki terlebih dahulu adalah motivasi. Motivasi disini dedefinisikan sebagai menguatkan niat.

Niatkan segala sesuatu yang akan kita lakukan hanya untuk Allah SWT. maka dengan itu pastilah AllahSWT juga akan senantiasa menemani dan meridhoi setiap langkah yang kita ambil.

  1. Memohon Bimbingan Kepada Allah SWT
Baca Juga:  Sumpah dalam Pandangan Islam dan Berbagai Macamnya

Sesungguhnya yang maha mengetahui mana yang baik dan yang buruk hanyalah Allah SWT. Maka dari itu setiap kali kita akan melakukan aktivitas mintalah bimbingan dari Allah SWT, agar kita selalu dibimbing ke jalan yang baik dan memberikan kemanfaatan.

  1. Mendekatkan diri Dengan Selalu Berdoa

Doa menjadi salah satu media komunikasi kita kepada Allah SWT. Sehingga dengan sering-sering kita berdoa kepada Allah SWT kita akan sering membuka komunikasi dengan-Nya dan akan terbentuk hubungan spiritual yang kuat.

  1. Percaya Kepada Diri Sendiri Memiliki Potensi

Pada dasarnya ketika Allah SWT menghadirkan kita ke dunia ini kita sudah dibekali dengan potensi masing-masing.

Maka sudah sepantasnya kita memiliki kayakinan terhadap kemampuan, keahlian, dan karakteristik diri sendiri, dengan mengidentifikasi minat, bakat dan keterampilan yang dimiliki.

  1. Selalu Evaluasi Kesalahan dan Kekuranagn

Terkadang kita sering terperangkap dalam menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah dilakukan ketimbang memperbaikinya.

Padahal tidak ada seseorang yang terlepas dari kesalahan, hanya saja yang membedakan adalah cara memperlakukan kesalahan itu sendiri.

Kesalahan sebagai bahan evaluasi atau malah sebagai lubang yang menjadi belengu untuk diri sendiri. [] Dela Kurniawati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post