Hindari Perbuatan Adu Domba Agar Terhindar dari Siksa Kubur!

Menghindari Adu Domba dan Permusuhan
Gambar Ilustrasi Menghindari Adu Domba dan Permusuhan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Perbuatan mengadu domba atau namimah adalah perbuatan dosa dan merupakan sifat tercela.

Bukan termasuk akhlak seorang muslim jika suka mengadu domba di antara sesama manusia, sehinga membuat rusaknya hubungan antar manusia terlebih hubungan di antara kaum muslimin.

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa namimah bertujuan merusak hubungan manusia. Beliau berkata,

ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀ : ﺍﻟﻨَّﻤِﻴﻤَﺔ ﻧَﻘْﻞ ﻛَﻠَﺎﻡِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺑَﻌْﻀِﻬِﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺑَﻌْﺾٍ ﻋَﻠَﻰ ﺟِﻬَﺔِ ﺍﻟْﺈِﻓْﺴَﺎﺩِ ﺑَﻴْﻨﻬﻢْ .

“Para ulama menjelaskan namimah adalah menyampaikan perkataan seseorang kepada orang lain dengan tujuan merusak hubungan di antara mereka.” (Riyadhusshalihin hal. 436)

Allah telah memperingatkan bahwa perbuatan mengadu domba ini dan perbuatan ini termasuk juga kedalam dosa besar. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِيْنٍۙ هَمَّازٍ مَّشَّاۤءٍۢ بِنَمِيْمٍۙ

“Janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah lagi berkepribadian hina, suka mencela, (berjalan) kian kemari menyebarkan fitnah (berita bohong),” (QS. Al-Qalam [68]: 10-11)

Nabi Muhammad Saw bersabda :

ألا أخبركم بشراركم؟”. قالوا: بلى. قال:” المشَّاؤُون بالنميمة، المفسدون بين الأحبة، البَاغُون البُرَآءَ العنت “. أخرجه البخاري في الأدب المفرد

“Maukah kalian aku beritahu tentang orang-orang yang paling buruk di antara kalian. Yaitu orang-orang yang kerjanya mengadu domba (menghasut), yang gemar menceraiberaikan orang-orang yang saling mengasihi/bersahabat, dan yang suka mencari kekurangan pada manusia.” (HR.Al-Bukhari).

Nabi juga bersabda bahwa para penghasut tidak akan masuk surga:

Baca Juga:  Lirik Terjemahan Arab Indonesia Sholawat Wulidal Musyarrof fi Robi'il Awwali yang Indah dan Penuh Makna serta Keutamaanya

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَجُلاً يَنِمُّ الْحَدِيثَ فَقَالَ حُذَيْفَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ ».

“Dari Hudzaifah, beliau mendapatkan laporan tentang adanya seseorang yang suka melakukan  adudomba maka beliau mengatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah bersabda, “Pelaku adu domba tidak akan masuk surga” (HR Muslim no.  303).

قال الحافظ المنذري أجمعت الأمة على تحريم النميمة، وأنها من أعظم الذنوب عند الله

Al-Hafizh (Ahli hadits besar), Ibn Mundzir mengatakan : Ulama sepakat (ijma’/konsensus) bahwa menghasut atau mengadu domba antar manusia (provokasi) adalah haram dan ia termasuk dosa besar dalam pandangan Allah”.

Dari beberapa dalil Al-Qur’an dan Hadits yang telah disebutkan diatas, hendaknya kita sebagai umat muslim menjauhi perbuatan tercela satu ini yaitu adu domba, karena adu domba merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Selain itu adu domba juga sangat berbahaya terhadap kerukunan umat Islam karena dapat menimbulkan perpecahan. [] Puan Sukowati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post