Kiat Meningkatkan Kualitas Semangat Beribadah

Upaya Meningkatkan Semangat Beribadah
Gambar Ilustrasi Upaya Meningkatkan Semangat Beribadah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai seorang muslim kita diberikan banyak kesempatan dan peluang dalam beribadah. Setiap aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan tulus semata karena mencari ridha-Nya disebut juga sebagai ibadah.

Namun, seringkali kita memaknai ibadah dengan konteks ibadah wajib saja, misalnya ibadah sholat maupun  zakat. Padahal, konteks ibadah ini sangat luas. Setiap aktivitas bahkan kegiatan yang kita lakukan dengan niat lillahi ta ala bisa juga disebut dengan ibadah. Ibadah ialah aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan, baik semnunyi maupun terang-terangan dengan tujuan dan niat untuk mencapai ridho-Nya.

Akan tetapi sebagai manusia kita juga memiliki keterbatasan yaitu berupa naik dan turunnya iman. Adakalanya, iman kita berada pada kondisi stabil, sangat baik, namun juga bisa sebaliknya. Itulah mengapa, manusia merupakan makhluk Allah yang diciptakan dengan disertai akal pikiran. Agar manusia dapat menggunakan akal dan pikiran tersebut untuk berpikir dan mengambil hikmah atas segala hal yang terjadi. Tanpa mengurangi keimanan yang kita miliki terhadap-Nya dan jani-jani-Nya yang sudah pasti.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas semangat kita dalam beribadah kepada Allah SWT. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

  1. Senantiasa tanamkan keyakinan bahwa janji-Nya adalah suatu kepastian
  2. Memiliki kemauan untuk berubah melalui motivasi diri yang tinggi
  3. Membaca Al Quran dengan tartil dan berupaya memahami pesan tersirat dalam setiap bacaannya
  4. Menghadirkan Allah dalam setiap aktivitas maupun kehidupan yang kita jalani sehari-hari
Baca Juga:  Mumpung Belum Pergi : Yuk Maksimalin!

Demikianlah beberapa kita yang bisa kita coba untuk semakin meningkatkan kualitas ibadah secara maksimal sesuai dengan aspek ibadahnya masing-masing.

Misalnya dalam hal berdagang, menempuh pendidikan, bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Sesuai dengan apa yang Allah perintahkan dan sebagainana sunnah Rasulullah Saw yang dianjurkan kepada umatnya. [] Khasiatun Amaliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post