Tujuan Hidup Manusia yang Wajib Semua Orang Pahami

Tujuan Hidup Manusia
Gambar Ilustrasi Tujuan Hidup Manusia (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Seseorang, ketika keluar dari rumahnya, pasti memiliki tujuan yang akan dikejar. Kita yakin bahwa orang yang melangkah keluar dari rumah tanpa tujuan akan jauh dari impian yang diinginkannya.

Hidup di dunia tanpa tujuan akan membuat seseorang tersesat dan menyimpang dari jalur yang sebenarnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang hamba untuk mengetahui tujuan sejati hidupnya. Ketika kita tahu tujuan hidup, segala aktivitas kita akan terarah ke arah tujuan tersebut.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman bahwa Dia tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Nya.

Oleh karena itu, tujuan hidup seorang muslim adalah untuk tunduk kepada Allah dan beribadah kepada-Nya. Allah menciptakan kita, memberikan kehidupan, dan menetapkan bahwa kita hidup untuk beribadah hanya kepada-Nya.

Manusia tidak hidup secara sia-sia atau tanpa tujuan yang sejati. Mereka tidak seperti binatang hewan yang hanya hidup untuk makan, minum, bekerja, dan memenuhi syahwat semata. Manusia diciptakan oleh Allah dengan kehormatan dan tujuan mulia, yaitu untuk beribadah kepada-Nya.

Allah telah memberikan petunjuk dan aturan tentang bagaimana kita harus beribadah kepada-Nya. Rasulullah diutus untuk memberikan petunjuk kepada kita, dan kita diperintahkan untuk mentaatinya. Siapa yang mentaati Rasul akan masuk surga, sementara yang menyelisihi Rasul akan masuk neraka.

penciptaan manusia bertujuan agar mereka selalu menyadari keagungan Allah SWT, serta beribadah dan bertakwa kepada-Nya.

Baca Juga:  Takut, Harap, Dan Cinta dalam Hidup

Di samping itu, tujuan penciptaan manusia mencakup peran sebagai khalifah Allah di dunia, yakni individu yang diberi martabat tinggi untuk mengelola, mengatur, dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di bumi.

Selain itu, tujuan penciptaan manusia juga untuk mengemban amanah, yaitu kesanggupan manusia untuk bertanggung jawab untuk mematuhi perintah dan larangan Allah SWT

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa tujuan hidup kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah.

Marilah kita bersama-sama melangkah menuju tujuan ini, mengikuti jejak Rasulullah, dan semoga Allah mengakhiri hidup kita dengan keadaan yang baik. [] Deya Sofia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post