Habib Hayqal Alaydrus: Makanan dan Minumannya Rasulullah SAW

Makanan dan Minuman yang Disukaii Rasulullah
Gambar Ilustrasi Makanan dan Minuman yang Disukaii Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Rasulullah SAW adalah orang yang tidak terlalu banyak pantangannya apabila mendapati makanan-makanan yang halal.

Dikatakan bahwa, kalau disediakan kurma, Rasulullah makan. Kalau ada roti, Rasulullah makan. Kalau ada daging, Rasulullah makan. Ada madu sekali pun, Rasulullah makan. Bahkan susu tanpa disediakan yang lain, Rasulullah pun makan. Artinya tak banyak pantangannya Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan, daripada Akhlaknya Nabi Muhammad SAW adalah beliau memakan apa saja yang dihidangkan dan beliau tidak pernah menolak atas apa yang telah dihidangkan oleh orang lain.

Lalu dikatakan, Rasulullah SAW pernah memerintahkan Sayyidah ‘Aisyah RA. setiap kali memasak, untuk memperbanyak di dalam lauk yang disediakan untuk Nabi Muhammad, itu adalah buah labu.

Pernah disebutkan yang diriwayatkan oleh Sayyidina Anas bin Malik, Rasulullah SAW. dan Sayyidina Anas ketika itu diundang oleh seorang penjahit di kota Madinah.

Dibuatkan makanan oleh penjahit tersebut, dihidangkan kepada Rasulullah SAW. ada roti, ada kurma, dan ada satu lauk yang dimana di dalamnya terdapat banyak buah labu.

Dilihat oleh Sayyidina Anas bahwasanya ketika Rasulullah makan, Rasulullah mencongkel dengan tangan beliau, mencari-cari buah labu, kemudian beliau makan buah labu tersebut.

Sehingga Sayyidina Anas berkata, “Aku melihat Rasulullah SAW  begitu suka dengan buah labu. Maka aku tanamkan pada diriku, mulai saat ini tidak ada makanan yang lebih aku sukai daripada buah labu.”

Menyukai apa yang disukai oleh Rasulullah SAW ini adalah kebiasaannya para sahabat dan mereka pun menjauhi apa yang dijauhi oleh Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan pula Rasulullah SAW suka makan manisan dan juga suka minum dengan madu. Bahkan dikatakan minuman yang paling disukai oleh Rasulullah, SAW. adalah madu.

Baca Juga:  Sering Disepelekan, Berikut Beberapa Cara Mendidik Anak Sejak Dini dalam Islam

Namun, di dalam riwayat yang lain disebutkan minuman yang paling disukai Nabi Muhammad SAW adalah susu. Terkadang, Nabi Muhammad SAW kalau minum susu itu langsung susu murni. Terkadang juga susunya itu dicampur dengan air lalu di panggang di atas api.

Salah satu makanan yang juga disukai oleh Nabi Muhammad SAW adalah daging kambing. Yang mana, Rasulullah sampai pernah mengatakan Orang yang suka makan daging kambing akan menguatkan pendengarannya. Bahkan saking nikmatnya Rasulullah makan daging kambing. Beliau sampai memuji daging kambing dengan berkata bahwa daging ini adalah pemimpin atau penghulu makanan di dunia dan di akhirat.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dinikmati dan disukai oleh Rasulullah SAW. Namun, terlepas dari itu semua, yang terpenting adalah apa yang kita makan adalah makanan yang halal dan tidak membahayakan kesehatan. [] Mila Amalia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post