Keutamaan Puasa Daud yang Wajib Kamu Tahu

Puasa Daud yang Memiliki Banyak Keutamaan
Gambar Ilustrasi Puasa Daud yang Memiliki Banyak Keutamaan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Puasa Daud adalah puasa sunah yang yang paling istimewa di antara puasa-puasa sunnah lainnya. Puasa daud adalah puasa yang memiliki banyak sekali manfaat dikarenakan ke konsistenannya dalam penjalanannya.

Dalam sejarahnya disebutkan dalam perjanjian lama bahwa nabi pada awalnya melakukan puasa selama tujuh hari berturut-turut pada saat putranya mengalami sakit keras.

Sehingga demi kesembuhan putranya itu nabi Daud memohon kesembuhan kepada Allah dengan cara brpuasa dan menutup diri dalam kamarnya dan terus menerus menangis karena sedih.

Pada hari ke tujuh puasanya, putra nabi Daud meninggal dunia. Setelah mengetahui hal tersebut akhirnya nabi Daud menghentikan kegiatan puasanya itu dan mengganti pola puasanya dengan cara sehari puasa sehari tidak.

Manfaat yang di berikan ketika seorang muslim melaksanakan puasa Daud sangatlah beragam. Puasa Daud dapat menyehatkan jiwa dan raga seorang muslim.

Manfaat tersebut menjadikan puasa daud memiliki banyak sekali keutamaan. Keutamaan-keeutamaan yang dapat diperoleh seorang muslim ketika melaksanakan puasa daut diantaranya yaitu

Mampu untuk memperhatikan ibadah lainnya. Maksudnya adalah ketika kita berpuasa, kita diharuskan untuk melawan hawa nafsu yang menyebabkan puasa itu batal. Maka dari itu ketika hawa nafsu ditahan, kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari akan dapat berjalan dengan baik.

Melakuakan sesuatu sewajarnya dan tidak berlebihan. Ketika seseorang melakukan suatu hal secara berlebihan, maka hal tersebut akan menimbulkan sesuatu yang kurang baik.

Baca Juga:  Puasa pada Hewan dan Tumbuhan: Adaptasi Kelangsungan Hidup

Bahkan ketika muslim melakukan ibadah secara berlebihan, hal tersebut juga akan menimbulkan efek yang kurang baik. Seperti halnya puasa scara terus menerus. Maka dari itu Allah menganjurkan umatnya untuk puasa Daud.

Baik untuk kesehatan. Puasa Daud tidak hanya memberikan manfaat bagi jiwa seorang muslim, tapi juga mampu untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh seorang muslim. Manfaat kesehatan tersebut antara lain menurunkan tekanan darah yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Seperti berpuasa setengah tahun. Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling tinggi tingkatannya di antara puasa sunnah lainnya.

Puasa daut ternyata memiliki keutamaan yang lebih baik dari pada puasa satu tahun penuh. Tentu puasa ini akan menjadi puasa yang baik ketika seseorang itu mengharapkan ridho Allah dan tidak mengharapkan sesuatu hal yang lain. [] Nailah Maghfirah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post