Ayo Pemuda! Inilah Bela Negara Menurut Pandangan Islam

Bela negara menurut pandangan islam
Bela negara menurut pandangan islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dikatakan sebagai warga Negara yang baik yaitu warga Negara yang mengisi kemerdekaan dengan bebagai kegiatan yang positif.

Untuk menjadi warga Negara yang baik adalah agama apa bila seseorang tidak mempunyai agama dia tidak akan memiliki kaidah maka ia akan merugi untuk dirinya sendiri dan tentunya berpengaruh terhadap negaranya.

Untuk menjadi warga Negara yang baik tentunya kita harus memperdalam dulu pengetahuan kita tentang agama islam atau ngajinya harus bagus, baru dengan landasan tersebut kita dapat mempelajari keilmuan duniawi untuk kemajuan Negara sebagai bentuk bela Negara kita.

Sudah tertera dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi “setiap warga Negara berhak dan wajib ikut dalam upaya pembelaan Negara”

Hubbul-wathan minal-iman yang artinya mencintai bangsa merupakan tanda keimanan, Al Habib Husain Bin Agil mengatakan bahwa tolak ukur keimanan seseorang itu bukan dengan jidat yang berwarna hitam tapi sejauh mana anda bela Negara dan sejauh mana cinta anda tehadap negara.

Kita wujudkan sesuai kapasitas  kita, anda sebagai guru maka ajari anak-anak bangsa tersebut dengan benar agar pintar, anda sebagai siswa atau mahasiswa maka belajarlah dengan giat agar cerdas dan berprestasi, anda sebagai petani maka buatlah trobosan-trobosan baru untuk meningkatkan hasil panen untuk keseimbangan pangan Negara.

Bela Negara merupakan hal yang bukan sunnah lagi tetapi fardu ain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda pada hari Pembebasan Makkah: “Tidak ada lagi hijrah akan tetapi yang tetap ada adalah jihad dan niat. Maka jika kalian diperintahkan untuk berangkat berperang, berangkatlah”.

Baca Juga:  Meditasi dalam Islam Sebagai Self-care

Dari hadist di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Rasullulah SAW telah mengajarkan kita cara untuk mempertahankan dan membela Negara, tetapi yang perlu kita ingat bahwa jihad harus diniatkan karena Allah SWT atau sering kita sebut jihat fisabilillah, supaya apabila kita mati dalam jihad tersebut kita insyaallah dapat mati syahid.

Maka dari itu marilah kita pupuk semangat bela Negara kita dari sekarang dengan landasan iman,islam,dan ihsan agar kita membela Negara dengan tetap di jalan Allah SWT dan diniatkan karna Allah SWT. [] Muhammad Ikhsanudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post