Amalan Sederhana dengan Keutamaan Luar Biasa: Inilah 6 Keutamaan Membaca Istighfar

Amalan Membaca Istighfar
Amalan Membaca Istighfar (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Istighfar atau mengucap “astaghfirullahaladziim” bukanlah sededar aktivitas melantunkan kalimat, melainkan juga dengan memahami makna yakni memohon ampun kepada Allah, mengingat dosa-dosa atau perbuatan tercela yang pernah kita perbuat selama ini.

Melantunkan istighfar merupakan amalan yang tidak berat, kita bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, namun ternyata amalan ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Beberapa diantara keutamaan membaca istighfar adalah sebagai berikut.

  1. Melapangkan Semua Kesusahan dan Mendatangkan Rezeki

Membaca istighfar merupakan salah satu amalan yang dapat menjadi jalan dimudahkannya rezeki kita oleh Allah SWT. serta dijauhkan dari berbagai kesulitan dan kesedihan.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullan saw. yang berbunyi: “Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

  1. Istighfar Membuka Pintu Rezeki yang Berkah

Tak hanya mendatangkan rezeki, amalan istighfar ternyata juga dapat membukakan pintu rezeki yang berkah. Allah SWT. berfirman yang artinya “Maka aku (Nuh) katakan kepada  mereka : Beristighfarlah kalian kepada Rabb kalian, sesungguhnya Ia Maha Pengampun. Niscaya ia akan mengirimkan hujan yang lebat kepadamu, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan sungai-sungai” (QS. Nuh: 10-12)

  1. Menjadikan Kita Beruntung di Akhirat

Istighfar merupakan salah satu amalan dzikir yang mengingatkan kita akan berbagai kesalahan yang telah kita lakukan dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Kumpulan Doa yang Pahalanya Tidak Main Main dan Mudah Di Hafalkan

Sebagaimana dzikir pada umumnya, tentu kalimat istighfar akan memberikan kebaikan bagi diri kita, tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat. Nabi saw. bersabda: “Sungguh beruntung orang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak”. (HR. Ibnu Majah)

  1. Menghapuskan Dosa-Dosa

Sebagai manusia biasa, tentu kita tidak luput dari salah dan dosa. Untuk itu, kita perlu memohon ampun kepada Allah SWT, salah satunya ialah dengan mengucap istighfar.

Rasulullah saw. bersabda, Allah SWT. berfirman: “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka beristighfarlah kepada-Ku, pasti Aku mengampuni kalian.” (HR. Muslim)

  1. Melindungi dari Azab Allah

Membaca istighfar tidak hanya akan membuat dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT. Melainkan orang-orang yang beriman juga akan dilindungi dari adzah oleh Allah SWT. Sebagaimana, firman Allah dalam QS. Al-Anfat ayat 33 yang artinya: “Tidaklah Allah mengadzab mereka, sementara mereka senantiasa beristighfar”. (QS. Al-Anfal: 33)

  1. Istighfar Merupakan Amalan Para Nabi saw

Istighfar bukanlah amalan bagi para pendosa saja. Melainkan Rasulullan sebagai manusia yang paling mulia juga membaca isighfar.

Untuk itu, kita sebagai manusia biasa juga sudah seharusnya sering-sering memohon ampun kepada Rasulullah saw atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat. Rasulullah saw. bersabda: “Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kepada Allah karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Langkah Suci Menyambut Bulan Suci

Demikianlah keutamaan membaca istighfar, semoga kita termasuk orang-orang yang diridhai oleh Allah SWT untuk mengamalkannya, baik dalam keadaan lapang maupun sempit, susah maupun senang. Semoga Allah SWT senantiasa mudahkan kita untuk beribadah kepada-Nya, termasuk dalam mengamalkan istighfar. [] Khikmatul Laili Desiyani

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post