Kamu Harus Tahu! Inilah 5 Waktu Mustajab Agar Doa Terkabul

Waktu mustajab doa
Gambar ilustrasi waktu mustajab doa (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Doa merupakan salah satu ibadah yang paling penting dalam Islam. Melalui doa, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk segala kebutuhan kita, baik duniawi maupun ukhrowi.

Dalam Islam, ada beberapa waktu yang diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Artinya, doa yang dipanjatkan pada waktu-waktu tersebut lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah 5 waktu doa terkabul:

  1. Waktu sepertiga malam terakhir

Waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Pada waktu ini, Allah SWT turun ke langit dunia untuk melihat hamba-hamba-Nya yang berdoa.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada malam hari ada suatu saat di mana Allah Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia, lalu Allah berfirman: ‘Adakah orang yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan, adakah orang yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri, adakah orang yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Waktu antara adzan dan iqamah

Waktu antara adzan dan iqamah juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Pada waktu ini, pintu-pintu langit terbuka dan doa-doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah.” (HR. Tirmidzi)

  1. Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Pada hari ini, Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Baca Juga:  Wajib Diketahui! Berikut 2 Waktu Tidak Diterimanya Taubat Seseorang Menurut Al-Qur’an dan Hadist

“Hari Jumat adalah sebaik-baik hari yang di dalamnya matahari terbit. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Setelah salat fardhu

Setelah salat fardhu, kita dianjurkan untuk membaca doa. Doa yang dipanjatkan setelah salat fardhu juga memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada shalat yang lebih utama bagi Allah selain shalat yang dilakukan di awal waktunya. Dan doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Ketika turun hujan

Ketika hujan turun, Allah SWT membuka pintu langit dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

“Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa yang tidak tertolak adalah doa ketika adzan, doa ketika hujan turun, dan doa antara adzan dan iqomah.” (HR. Muslim)

Selain waktu-waktu tersebut, doa juga akan lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan jika kita berdoa dengan penuh kekhusyukan dan pengharapan. Kita juga harus yakin bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita. Semoga kita selalu dimudahkan untuk berdoa dan dikabulkan oleh Allah SWT. [] Moh. Aminudin

Baca Juga:  Jadikan Kebiasaan ! Inilah Keutamaan Melafalkan Sayyidul Istighfar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post