Yuk Intip Enam Hal yang Dirahasiakan oleh Allah SWT Kepada Makhluknya

Ziarah kubur merupakan salah satu cara manusia agar mengingat kematian
Ziarah kubur merupakan salah satu cara manusia agar mengingat kematian (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Allah SWT sebagai Tuhan pencipta alam berkuasa dalam menentukan qada dan qadar setiap makhluk-Nya sebelum alam raya diciptakan. Tidak ada yang mengetahui  secara pasti ketentuan dan ketetapan Allah SWT karena keterbatasan manusia dalam akan hal tersebut.

Ada beberapa perkara yang sebenarnya manusia bisa mengetahuinya dengan jelas berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Contohnya seperti penetapan awal bulan Ramadhan, waktu sholat lima waktu, dan lainnya.

Walaupun demikian, ada beberapa hal yang dirahasiakan oleh Allah SWT. Pada bab 6 maqolah ke 4 dalam kitab Nashoihul Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani, Sahabat Umar bin Khattab RA mengatakan bahwa terdapat enam (6) hal yang dirahasiakan oleh Allah SWT kepada hambanya. Berikut penjelasannya.

  1. Allah SWT merahasiakan ridho-Nya dalam ketakwaan hambanya

Hal ini bertujuan agar manusia khususnya umat Islam bersungguh-sungguh atau bersemangat dalam menjalankan ibadah dengan berharap ridho-Nya. Kita tidak diperbolehkan meremehkan kebaikan atau ketakwaan sekecil apapun, karena barangkali justru didalamnya terdapat ridho Allah SWT.

  1. Allah SWT merahasiakan murka-Nya didalam kemaksiatan hambanya

Manusia diperintahkan untuk menjauhi adanya potensi ketakutan terjatuh dalam murka-Nya. Seseorang tidak diperbolehkan menyepelekan kemaksiatan walaupun itu tergolong maksiat kecil sekalipun, karena terkadang kita tidak mengetahui bahwa didalamnya itu justru terdapat murka-Nya Allah SWT.

  1. Allah SWT merahasiakan malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadhan
Baca Juga:  Inilah Syarat Syarat Untuk Mendapatkan Surga

Hal ini bertujuan agar manusia bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menghidupkan seluruh malam bulan Ramadhan dengan beribadah kepada Allah SWT. Sesungguhnya pahala sholat sunah dalam bulan Ramadhan bagaikan pahala sholat fardhu selain bulan Ramadhan.

Sebagaimana dalam suatu riwayat hadits bahwasanya Imam Nakho’i berkata, “Satu rakaat pada bulan Ramadhan itu lebih utama dibandingkan seribu rakaat selain bulan Ramadan. Membaca satu tasbih pada Ramadhan lebih utama dibandingkan membaca seribu tasbih di selain ramadhan.”

Manusia diharapkan bersemangat dalam menghidupkan malam bulan Ramadhan supaya berharap bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Dikarenakan malam ini lebih baik dibandingkan seribu bulan. Seribu bulan setara dengan 83 tahun lebih empat bulan.

Dalam hadits marfu yang diriwayatkan oleh Imam Thobroni bahwasanya Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya barang siapa yang berzina atau meminum arak (minuman keras) pada bulan Ramadhan, maka Allah dan penduduk langit (para malaikat) akan melaknatnya sampai pada Ramadhan ke berikutnya.”

Manusia diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah SWT pada bulan Ramadan, karena kebaikan pada bulan tersebut akan dilipatgandakan yang tidak ada di bulan lainnya. Begitupun halnya dengan kemaksiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan juga akan dilipatgandakan dosanya.

  1. Allah SWT merahasiakan auliya (para wali) diantara manusia

Allah SWT merahasiakan para walinya agar umat Islam tidak menyepelekan seseorang diantara mereka. Mereka diminta berdoa dengan berharap agar bertemu seorang wali. Setiap muslim tidak boleh meremehkan seseorang dari manusia karena kita tidak tahu barangkali orang tersebut merupakan walinya Allah SWT.

  1. Allah SWT merahasiakan kematian didalam usia seseorang
Baca Juga:  Ramadhan Dua Kali Dalam Setahun? Indonesia Pernah Mengalaminya Lho, Ini Dia Alasannya

Kematian merupakan rahasia ilahi. Untuk itu, bagi setiap muslim agar memohon perlindungan dalam setiap tingkah lakunya dari adanya kematian dengan ibadah-ibadah setiap harinya. Karena sejatinya kematian itu bersifat tiba-tiba atau tidak terduga.

  1. Allah SWT merahasiakan sholat yang utama (wustho) diantara sholat lima waktu

Rahasia ilahi ini bertujuan agar manusia mencari keistimewaan dalam sholat lima waktu. Allah SWT juga menyembunyikan nama-Nya yang agung dalam Asmaul Husna. Kerahasiaan ini tentunya diharapkan supaya manusia bersungguh-sungguh dalam berdoa di setiap sholat lima waktu dengan berharap bertemu dengan sholat wustho.

Disamping itu, Allah SWT juga merahasiakan waktu ijabah-Nya pada hari Jum’at agar manusia berdoa pada hari itu. Allah SWT juga merahasiakan ayat Sab’ul Matsani dalam Al-Qur’an supaya manusia bersungguh-sungguh dalam membaca semua ayat Al-Qur’an.

Berikut enam hal yang dirahasiakan oleh Allah SWT menurut Sahabat Umar bin Khattab RA. Dibalik enam rahasia tersebut, terdapat berbagai pelajaran yang sangat penting bagi umat manusia, khususnya umat Islam.

Allah merahasiakan perkara-perkara tersebut supaya umat Islam menjalankan apa yang telah diperintahkan Allah dengan sungguh-sungguh serta menjauhi segala larangan-Nya. [] Mohammad Fattahul Alim

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post