Inilah Keutamaan Membaca Ta’awudz yang Perlu Kamu Tahu

Keutamaan Membaca Ta'awudz
Gambar Ilustrasi Keutamaan Membaca Ta'awudz (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Membaca ta`awudz ketika hendak membaca Al-Qur`an merupakan sunnah bagi setiap umat Islam, ketika kita hendak membaca ayat suci Al-Qur`an kita sebaiknya membaca ta`awudz terlebih dahulu.

Ta`awudz dapar juga disebut dengan isti`adzah, secara bahasa ta`awudz atau isti`adzah memiliki makna yaitu memohon perlindungan, pemeliharaan, dan penjagaan. Dan secara isrilah, ta`awudz merupakan sebuah lafal yang dibaca oleh pelafal yang hendak membaca Al-Qur`an dengan tujuan memohon perlindungan Allah SWT dari kejahatan setan.

Berikut bacaan ta`awaudz yang perlu kita lafalkan ketika hendak membaca Al-Qur`an

أعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari

setan yang terkutuk”.

Beberapa pendapat Ulama berpendapat bahwa membaca ta`awaudz ketika kita hendak membaca Al-Qur`an merupakan sunnah hukumnya, namun Sebagian lainnya mewajibkannya. Hal ini sebagaimana terdapat dalam Firman Allah SWT didalam Al-Qur`an Surah An-Nahl ayat 98 yang berbunyi

فَاِذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Artinya:

“Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur’an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

(QS. An-Nahl 16: Ayat 98)

Apabila kita hendak membaca Al-Qur`an dan melafalkan ta`awudz terdapat keutaman, lalu apa saja keutamaan membaca ta`awudz? Berikut ini beberapa keutamaan membaca ta`awudz yang perlu kita ketahui:

  1. Menyucikan lisan kita

Ketika kita melafalkan ta`awudz artinya kita mengakui Kekuasaan Allah SWT yaitu dengan memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk, kita menyadari bahwa kita memiliki kelemahan dan ketidakberdyaan dalam melawan musuh yang sesungguhnya yaitu setan.

Baca Juga:  Sholat Sunnah Rawatib: Pengertian dan Keutamaanya

Dengan membaca ta`awudz ketika kita hendak membaca Al-Qur`an dapat membersihkan serta menjaga lisan dari perkataan yang kotor, dan juga menyucikan mulut dari kata-kata yang tidak berfaedah dan buruk, agar ketika kita membaca Al-Qur`an lidah kita melafalkan ayat suci dalam keadaan bersih.

Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Ibnu Katsir RA, keutamaan ta`awudz adalah untuk menyucikan serta mengharumkan mulut dari kata-kata yang tidak mengandung faedah dan berkategori buruk.

  1. Melindungi dari godaan setan

Dengan kita membaca ta`awudz ketika hendak membaca Al-Qur`an dapat menjaga kita dari godaan setan, agar hati kita dijaga oleh Allah sehingga kita dapat lebih berkonsentrasi dan fokus dalam membaca ayat suci Al-Qur`an.

Keika hati kita dijaga dan dilindungi oleh Allah dari godaan setan, maka kita akan lebih fokus dalam membaca serta dapat mentadabburi Al-Qur`an dan memahami maknyanya agar nantinya kita dapat mengapilkasikan makna yang terkandung dalam Al-Qur`an dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melafalkan ta`awudz hati kita akan menjadi lebih tenang dan juga menjadikan hati kita tidak lalai agar nantinya kita dapat mengambil manfaat atau manfaat dalam mentadabburi ayat suci Al-Qur`an

  1. Dapat meredakan emosi

Setan selalu membisikkan perbuatan yang buruk kepada manusia, salah satunya yaitu agar manusia mudah emosi dan marah-marah.

Oleh karena itu, ketika kita sedang marah atau emosi Rasulullah Shallallahu`alaihi wasallam mengarjarkan kepada umatnya agar berta`awudz, agar kita tidak terjerumus ke dalam godaan dan rayuan setan.

Baca Juga:  Meraih Keutamaan Dzikir Al Ma’tsurat pada Pagi dan Petang

Rasulullah Shallallahu `alaihi wasallam juga bersabda, “Saya mengetahui suatu ungkapan, jika ia mengucapkannya, maka rasa marah dan emosinya akan hilang, yaitu jika ia membaca:

أعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ

Sehingga ketika sedang emosi atau marah, sebaiknya ketika melafalkan ta`awudz agar kita     senantiasa mendaoatkan perlindungan Allah SWT dari godaan setan.

  1. Menghilangkan perasaan gelisah

Setan menggoda manusia dari segala penjuru, agar umat manusia selalu merasa gelisah dan tidak khusu ketika kita sedang melaksanakan shalat, Setan akan menggoda manusia yaitu dengan memberikan perasaan was-was dan gelisah bahkan sampai membuat manusia lupa dengan rakaat shalat. Sehungga kita sangat dianjurkan membaca ta`awudz ketika hendak melaksanakan shalat.

Itulah beberapa keutamaan ketika kita melafalkan ta`awudz, banyak sekali keutamaan yang dapat kita raih, sehingga kita sangat dianjurkan membacanya ketika akan melaksanakan shalat dan juga aktivitas keseharian yang akan kita lakukan, agar kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. [] Puan Sukowati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post